CD Bethesda: Rumah Sakit Tanpa Dinding - SobatASK

CD Bethesda: Rumah Sakit Tanpa Dinding

Indonesia Juga Punya Child Helpline lho!
02/12/2014
Dance4Life Celebration di Jawa Tengah
06/12/2014

CD Bethesda merupakan lembaga nonprofit di bidang kesehatan. Secara struktur organisasi, CD Bethesda adalah salah satu unit mandiri dari RS Bethesda dan berada di bawah koordinasi Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM).

Program HIV-AIDS di CD Bethesda sudah dimulai sejak tahun 2000 melalui pelayanan kesehatan reproduksi, peningkatan kapasitas melalui berbagai pelatihan dan penerbitan buku mengenai HIV-AIDS. Mulai tahun 2013, CD Bethesda mengembangkan layanan kesehatan seksual dan reproduksi dengan penerima manfaat utama adalah remaja berusia 10-24 tahun.

Apa saja jenis pelayanan yang diberikan?

Sesuai dengan slogan CD Bethesda, Rumah Sakit Tanpa Dinding, pelayanan diberikan tidak hanya di dalam klinik tetapi juga menjangkau remaja secara langsung melalui kerja sama dengan Puskesmas, sekolah, dan tentu saja organisasi atau komunitas remaja dari beragam identitas.

Layanan konseling dapat diakses kapanpun tidak hanya secara tatap muka tetapi bisa juga melalui layanan pesan singkat atau SMS di nomor 085729843919 kapanpun. Konseling juga memberikan informasi bagi remaja mengenai kehamilan, penyakit menular dan HIV-AIDS, perawatan organ reproduksi, menstruasi, pacaran sehat, kanker leher rahim atau kanker serviks, dan masih banyak lagi isu seputar kesehatan seksual dan reproduksi. Layanan konseling bagi remaja ini cocok buat kamu para remaja yang kadang sungkan menanyakan berbagai isu kesehatan dan reproduksi pada orangtua atau guru. Konseling akan dilakukan oleh konselor sebaya terlatih dan bidan sehingga informasi pun terpercaya dan kamu tetap nyaman seperti curhat dengan teman.

Sedangkan buat Sobat yang membutuhkan pendampingan kesehatan reproduksi (seperti perawatan di masa kehamilan/antenatal care atau dengan HIV-AIDS), tetapi karena beberapa alasan tidak dapat mengakses layanan kesehatan di tempat pada umumnya, CD Bethesda juga melakukan pendampingan klien atau home care. Layanan mobile ini penting karena masih banyak dinding pembatas antara remaja yang membutuhkan dan sulit terjangkau dengan akses layanan kesehatan. Salah satunya adalah stigma terhadap yang bahkan masih berlaku di kalangan penyedia layanan kesehatan.

Baca:  Ayo bergabung di Indonesian Youth Camp for ICFP di Bali (7 November 2015)

Khusus bagi klien remaja dengan HIV-AIDS, layanan home care dan pendampingan individu mencakup layanan perawatan dukungan dan pengobatan (Care Support and Treatment). Dukungan tersebut antara lain pembiayaan pengobatan penyakit penyerta (infeksi oportunistik), rujukan ARV, dan pendampingan kepatuhan minum obat (adherence). Layanan yang berbasis dukungan klinik statis akan dilayani di Klinik Philia RS Bethesda Yogyakarta.

Klinik Philia didirikan khusus untuk melayani kebutuhan kesehatan terkait HIV-AIDS sebagai bagian dari komitmen RS Bethesda. RS Bethesda bersama CD Bethesda juga memiliki layanan konseling dan voluntary counseling and testing (VCT), baik layanan statis di Klinik Philia maupun VCT mobile. Sementara ini, VCT masih dapat diakses secara cuma-cuma. Jadi, tunggu apalagi, Sobat? Sadari perilaku berisiko dan periksa HIV plus konseling dan sukarela.

Selain itu, ada juga dukungan bagi remaja perempuan dengan HIV di masa kehamilan dan persalinan yang bekerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Tidak hanya itu, CD Bethesda juga menyediakan layanan pencegahan penyakit menular seksual dengan penyediaan kondom. Dukungan bagi klien dengan HIV tidak berhenti pada pendampingan individu dan medis saja, tetapi juga dapat diperoleh dari Kelompok Dukungan Sebaya (KDS).

Jika Sobat ingin tahu lebih jauh mengenai kesehatan seksual dan reproduksi, jangan ragu untuk mengakses informasi melalui www.facebook.com/cdbethesda dan @CDBethesda (twitter).

Komentar

komentar