Tips Asik Terhindar dari HIV - SobatASK

Tips Asik Terhindar dari HIV

Pameran Fotografi: Hidupku (harusnya) Pilihanku
12/11/2014
Indonesia Juga Punya Child Helpline lho!
02/12/2014

Achmad Mujoko (Aliansi Remaja Independen) –  SobatASK tahu kan kalau tanggal 1 Desember kemarin diperingati sebagai hari AIDS Internasional? Nah, untuk memperingati hari AIDS sedunia banyak loh yang SobatASK bisa lakukan, bukan hanya datang ke seminar atau update status dan berkata “Selamat Hari AIDS”. Hal positif kecil yang bisa SobatASK lakukan akan sangat berdampak besar loh, termasuk untuk mengetahui informasi mengenai HIV-AIDS, tidak mendiskriminasi ODHIV, tidak berperilaku seks berisiko dan sebagainya.

Nah, kali ini SobatASK.net akan menghadirkan hal kecil yang bisa SobatASK lakukan agar terhindar dari HIV, tentunya hal kecil yang asik dong.

  1. Mencintai Hatinya Bukan Hanya Fisiknya
    Kenapa sih penting mencintai seseorang dari hatinya bukan dari fisiknya? Mencintai seseorang itu harus dengan hati, bukan hanya dengan fisik karena fisik bisa berubah atau rusak seketika. Sama seperti mencintai pasangan, kita harus mencintai sahabat dengan hati bukan dari fisik. Kalau kita mencintai sahabat atau teman kita melalui fisik, maka Sobat kemungkinan besar bisa mendiskriminasi teman Sobat jika ia tertular HIV.
  2. Pacaran Sehat, Cek Status HIV
    Kenapa sih harus cek? Begini, pacaran yang asik itu adalah pacaran yang sehat. Pacaran sehat itu apa? Pacaran sambil jogging, pacaran sambil makan buah bareng atau pacaran sambil gym? Bukan, bukan itu maksudnya, maksudnya adalah cek status HIV di pusat layanan kesehatan. Penting untuk mengetahui status HIV kita, terlebih lagi untuk Sobat yang sudah aktif secara seksual. Sobat nggak mau kan tertular HIV hanya karena tidak tahu status HIV satu sama lain.
  3. Nggak Malu Beli Kondom
    Salah satu media pencegahan HIV adalah kondom, namun kondom masih dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, selain mencegah kehamilan, kondom juga mampu mencegah penularan HIV. Namun, kadang untuk mengakses kondom sangat sulit untuk remaja, jangankan untuk mengakses, membelinya saja remaja kerap mendapatkan lirikan negatif dari kasir.Tipsnya, Sobat nggak perlu malu membeli kondom. Kalau Sobat dilihat sebelah mata dan ditanyakan, “Untuk apa dek beli kondom?” jawab saja, “Buat bikin balon ulang tahun.” Pada dasarnya, kasir kadang masih melihat sebelah mata anak muda membeli kondom, padahal mereka tidak perlu tahu untuk apa pembeli membeli kondom. Sama halnya dengan Sobat membeli gula, apakah sobat mau ditanyakan “Untuk apa beli gula ?”.
  1. Setia, bukan “Setiap Tikungan Ada”
    SETIA bukanlah sebuah singkatan, setia adalah sebuah dedikasi untuk percaya kepada seseorang. Untuk pencegahan HIV, setia memang sangat diperlukan, Sobat nggak mau kan tertular HIV dari pacar Sobat karena pacar sobat selingkuh dengan orang lain? Bukan cuma untuk pencegahan HIV, tapi juga pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS).
  2. Drugs?
    Ngedrugs gaul? Terbalik. Yang benar adalah nggak nge-drugs itu gaul. Pastinya kita udah familiar bahwa dampak dari drugs itu sangat banyak; mulai dari risiko tertular HIV (melalui jarum suntik), risiko overdosis, kematian, harga yang mahal bikin kantong kosong, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, salah banget kalau nge-drugs dianggap gaul. Sobat memang harus gaul, tapi harus gaul yang positif; gaul dengan gaya hidup sehat, gaul dengan gandeng pacar buat cek status HIV, gaul dengan nonton film bareng temen dan masih banyak lagi aktivitas gaul lainnya.
  3. Pinter itu Gaul!
    Pinter itu gaul ketika Sobat bisa berbagi dengan teman-teman mengenai informasi HIV-AIDS. Untuk jadi pinter, kita harus belajar dulu dong. Nah, yuk tetap ikuti sobatASK.net untuk informasi mengenai HIV-AIDS dan hak kesehatan seksual dan reproduksi.
Baca:  KHUSUS COWOK: Tips Kalau Pacar Kamu Hamil

Yuk, mulai sekarang ketahui apa itu HIV, akseslah kondom, dan periksakan kesehatan seksual dan reproduksimu di pusat layanan kesehatan.

“Love your curves and all your edges, all your perfect and imperfection.” (John Legend, All of Me)

Sumber gambar:
http://www.hiv411.org/images/community/youth/header.jpg

Komentar

komentar