3 Tanda Kekerasan Seksual dalam Pacaran

3 Tanda Kekerasan Seksual dalam Pacaran

2 Kondisi Aborsi Diperbolehkan di Indonesia
27/07/2015
Rumah AMAN, Cikal Bakal Youth Center
31/07/2015

Sobat ASK pengen ngobrol serius nih, sedikit aja kok. Ada satu isu yang sebenarnya sering banget ditemui oleh anak muda di mana saja, tapi belum tentu sering dibicarakan secara umum dan enak: Kekerasan dalam pacaran.

Ada banyak jenis kekerasan dalam pacaran yang bikin hubungan kamu sama si dia gak sehat. Salah satu yang bener-bener harus diperhatikan adalah kekerasan seksual.

Nih, beberapa tanda kekerasan seksual dalam hubungan!

 

1. Dipaksa Berhubungan Seks

Kalau kamu dipaksa berhubungan seks dengan pacarmu, itu sudah terhitung pemerkosaan. Kadang kamu dibikin ngerasa gak enak, dibilang bahwa kamu harus berhubungan seks dengan dia untuk “membuktikan cintamu.” Itu omong kosong. Selama kamu merasa tidak siap dan tidak nyaman, atau kamu sedang tidak mampu memberikan keputusan yang sehat (misalnya saat kamu mabuk), maka hubungan seksual itu tidak bisa dianggap konsensual.

 

2. Disuruh Ciuman dan Digrepe-grepe, padahal Kamu Gak Mau

Kalau dia grepe-grepe kamu, atau maksa kamu grepe-grepe dia, padahal kamu gak nyaman dan gak mau, itu juga termasuk kekerasan seksual. Hal yang sama juga berlaku untuk ciuman dan tindakan seksual lainnya.

Sekali lagi, keputusan itu ada di tanganmu dan kamu gak perlu memaksa dirimu sendiri, apalagi membiarkan dirimu dipaksa sama orang.

 

3. Melihat, Memotret, atau Merekam Kamu Tanpa Izin

Misalnya, dia maksa ngelihat kamu ganti baju, maksa kamu kirim foto telanjang, atau merekam kamu saat kalian berhubungan seksual tanpa seizin kamu, itu juga sudah termasuk kekerasan.

 

Kalau kamu kenal teman yang menunjukkan tanda-tanda itu di hubungannya, atau justru kamu sendiri yang begitu, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. Yuk, ngobrol aja sama konselor sebaya di sekitar kamu atau colek kami di @SobatASK. Jangan khawatir, semua masalah akan ditangani dengan cepat, tanggap, santai, dan – ini paling penting – privasi dijaga.

Baca:  10 Tanda Pacarmu Melakukan Kekerasan

 

 

Disadur Dari:
womenshealth.gov/violence-against-women

Artikel Terkait

Komentar

komentar