5 Fakta Singkat Soal Menstruasi

5 Fakta Singkat Soal Menstruasi

5 Hal tentang Pernikahan Sejenis dan LGBT yang Nendang Banget!
30/06/2015
Nggak Sengaja Keluar di Dalam: 5 Tips Mengatasi Hubungan Seksual Tanpa Pengaman
03/07/2015

Mungkin kamu sudah diajarkan di sekolah kalau menstruasi terjadi saat darah yang ada di dinding rahim luruh dan keluar lewat vagina. Tapi, mungkin kamu masih penasaran atau punya pertanyaan soal fenomena alamiah ini.

Nih, ada beberapa hal yang harus kamu tahu soal menstruasi!

 

1. Ovulasi dan Kehamilan

Setelah menstruasi kamu selesai, hormon dalam tubuhmu akan mematangkan sel telur di dalam ovarium kamu dan menebalkan dinding rahim. Ketika satu sel telur yang matang lepas keluar ovarium, itu disebut ovulasi atau pembuahan.

Nah, kehamilan sangat mungkin terjadi jika kamu melakukan hubungan badan tanpa kontrasepsi sepanjang enam hari sebelum pembuahan.

 

2. Usia Normal Menstruasi

Biasanya nih, perempuan mulai menstruasi setelah ia berusia antara 9-16 tahun, dan berhenti menstruasi saat usianya 45-55 tahun. Ini usia normalnya, tapi bukan nggak mungkin ada temanmu yang sudah usia 16 tahun ke atas tapi belum mulai menstruasi. Daripada bingung kenapa bisa begitu, mending dicek ke klinik terpercaya ya.

 

3. Soal PMS (Premenstrual Syndrome)

PMS itu perubahan-perubahan yang terjadi di dirimu pada masa-masa jelang menstruasi. Perubahan ini adalah kombinasi dari perubahan emosi, fisik, psikologi, dan suasana hati pada perempuan. Biasanya, PMS berlangsung selama kurang lebih tujuh hari sebelum menstruasi dan bisa berlanjut hingga menstruasi selesai.

Untuk menjaga mood kamu selama PMS, kamu bisa olahraga secara reguler, mengurangi asupan kafein, rokok, dan garam.

 

4. Kalau Sakitnya Berlebihan, Tanya Dokter

Luruhnya darah di dinding rahim itu biasanya bikin sakit perut. Itu normal, tapi kadang ada yang sakit perutnya parah banget, bahkan sampai nggak kuat bangun dari tempat tidur. Kalau udah begitu, bisa jadi itu bentuk dari dysmenorrhea atau sakit kram di bagian bawah perut saat menstruasi. Untuk mencegahnya, kamu perlu istirahat yang cukup, olahraga secara reguler, makan sayuran berdaun hijau, dan minum air yang cukup.

Baca:  5 Tips Menghadapi PMS

 

5. Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi itu jangka waktu antara hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya. Biasanya siklus ini berlangsung selama 28 hari. Pada usia dewasa berlangsung dalam waktu 21-35 hari, sedangkan pada remaja dalam 21-45 hari.

 

Itu baru lima fakta dari kami. Panjang deh, kalau ngobrolin menstruasi. Kami yakin, masih banyak pertanyaan di kepala kamu, seperti: makanan apa yang harus aku makan biar nggak sakit waktu PMS? Apa itu keputihan dan apakah itu normal? Gimana caranya biar nggak kram melulu waktu mens?

Daripada bingung, kami punya kok banyak rekan-rekan klinik dan konselor sebaya di seluruh Indonesia yang bisa kamu ajak ngobrol soal itu. Tenang, mereka asik-asik dan ramah kok. Kami jamin, deh! Pilih saja klinik yang terdekat denganmu di sini.

 

Buat kamu yang baru pertama ngalamin menstruasi, baca artikel ini!

 

 

 

Sumber:
plannedparenthood.org/learn/womens-health/menstruation
Buku Semua yang Mau Kamu Tahu Tapi Tabu

Sumber gambar:
bugdocmom.com
themetapicture.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar