5 Tips and tricks untuk Kamu yang selangkangan gatal

5 Tips and tricks untuk Kamu yang Suka Garuk-Garuk Selangkangan

Pengen Tahu soal Lesbian, Biseksual, & Trans (LBT)? Tanya ke Sini Aja!
03/07/2015
5 Mitos tentang Masturbasi
08/07/2015

Jujur aja deh, kamu pasti pernah garuk-garuk selangkangan. Nah, Sobat ASK punya beberapa tips and tricks biar “wilayahmu” itu nggak tambah gatal atau malah jadi infeksi. Yuk dibaca!

 

1. Rajin Bersih-Bersih, tapi Jangan Berlebihan

Ini satu tips khusus buat teman-teman yang perempuan. Ada satu peraturan yang penting dan harus banget banget diingat: jangan pernah menyemprot vagina dengan air, sabun, atau cairan lainnya. Praktik yang disebut douching ini mungkin awalnya bakal bikin vagina kamu lebih wangi, tapi nyatanya tingkat pH di vagina kamu bakal terganggu. Hasilnya, justru vagina kamu lebih berisiko kena infeksi bakteri!

 

2. Jangan Malas Ganti Celana Dalam

Kalau ini berlaku buat laki-laki dan perempuan. Kamu harus rajin ganti celana dalam, terutama setelah kamu berkeringat karena beraktivitas atau berolahraga. Pakai celana dalam berbahan katun dan jangan pilih celana dalam yang terlalu ketat. Kalau celana dalam kamu terlalu ketat atau terlalu lembab, bakteri lebih gampang tumbuh.

 

3. Kalau Kamu tidak Disunat, Perhatikan Kulup

Nah, ini catatan penting buat kamu yang nggak disunat. Tarik kulup di penismu perlahan-lahan (kamu bisa pakai air hangat agar lebih gampang) dan bersihkan kepala penismu secara berkala. Kalau tidak, akan ada penumpukan kotoran putih bernama smegma yang bakal bikin penismu baunya nggak enak.

 

4. Pakai Kontrasepsi

Kalau kamu berhubungan seks dengan pasanganmu, sebenarnya paling aman kalau kamu pakai kondom. Kamu bisa melindungi diri dari infeksi seksual menular seperti herpes, syphilis, gonorrhea, dan chlamydia. Tapi setelah beres, penismu tetap harus dibersihkan ya.

 

5. Kenali Tubuhmu Sendiri

Selagi kamu membersihkan alat kelaminmu, kamu juga bisa sekalian mengecek alat kelaminmu. Apakah ada perubahan tertentu yang nggak seperti biasanya? Apakah ada bagian yang luka, cairan atau bau yang nggak biasa, atau tonjolan yang sebelumnya nggak ada?

Baca:  Cara Melatih Berpikir Positif

Kalau ternyata ada sesuatu yang tidak beres, kamu nggak usah khawatir. Colek aja kami di @SobatASK atau buka website kami untuk cari klinik dan konselor di sekitar kamu yang enak diajak ngobrol. Mending kamu nanya sama petugas medis dan konselor sebaya yang emang sudah ahli di bidangnya, daripada kamu nanya orang yang salah! 🙂

 

 

Sumber foto: itchyballsrelief.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar