5 Tips Mengatasi Hubungan Seksual Tanpa Pengaman

Nggak Sengaja Keluar di Dalam: 5 Tips Mengatasi Hubungan Seksual Tanpa Pengaman

5 Fakta Singkat Soal Menstruasi
02/07/2015
Pengen Tahu soal Lesbian, Biseksual, & Trans (LBT)? Tanya ke Sini Aja!
03/07/2015


Kamu baru hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi dan kamu takut hamil. Waduh! Terus, harus gimana dong? Nih, Sobat ASK punya beberapa tips buat kamu yang nggak sengaja “kecelakaan”.

 

1. Jangan Disemprot Pakai Air!

Satu metode darurat yang sering dilakukan perempuan adalah douching atau memasukkan air atau cairan lainnya ke dalam vagina. Douching tidak akan mengurangi risiko kehamilan, tapi malah bisa bikin selangkangan kamu infeksi! Loh, kok bisa? Ternyata, douching mengganggu keseimbangan jumlah bakteri di alat reproduksi dan itu bisa berujung pada infeksi dan penyakit lainnya.

 

2. Pakai Kondar

Kamu bisa mampir ke klinik atau apotik di sekitarmu dan membeli pil kontrasepsi darurat atau biasa disingkat kondar. Nama generik pil ini adalah postinor. Pil kondar bekerja dengan menunda lepasnya telur dari ovarium perempuan. Karena tidak ada telur yang bisa dibuahi oleh sperma, kehamilan (harusnya) dicegah.

 

3. Semakin Cepat Semakin Baik

Semakin cepat kamu meminum pil kondar setelah berhubungan seks, semakin baik. Pil jenis levonogestrel, misalnya, efektif mencegah kehamilan sebanyak 89% jika diminum paling lambat tiga hari setelah hubungan seks tanpa kontrasepsi.

 

4. Perhatikan Kapan Kamu Terakhir Berhubungan Seks

Kedua jenis kontrasepsi darurat itu bisa digunakan dalam jangka waktu 120 jam (5 hari) setelah kamu melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi.

 

5. Kalau Mau Aman, ke Klinik Aja

Ini satu catatan yang penting. Kalau kamu masih bingung mau beli obat yang mana, belinya di mana, dan harganya berapa, mending kamu langsung hubungin klinik ramah remaja di sekitarmu untuk nanya-nanya. Nggak usah malu-malu, ya 🙂

 

 

Sumber foto: desktopaper.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar

Baca:  5 Mitos soal Keperawanan