5 Tanda Kamu Belum Benar-Benar Merdeka

5 Tanda Kamu Belum Benar-Benar Merdeka

3 Tanda Kekerasan Fisik dalam Pacaran
14/08/2015
5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum 25 Tahun
18/08/2015

Sebentar lagi, Indonesia bakal merayakan kemerdekaannya nih! Nggak kerasa ya, sudah 70 tahun sejak Bung Karno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan kita di Jalan Pegangsaan Timur. Tentu saja, ada banyak banget suka duka yang kita alami bareng-bareng sejak tahun 1945.

Tapi, memangnya kamu yakin kita sudah benar-benar merdeka? Menurut Sobat ASK, kalau kamu masih “dijajah” sama beberapa hal ini, artinya kamu belum merdeka. Nah lho, apa saja tuh?

 

1. Kamu Takut Melakukan Sesuatu karena Nggak Mau Dinyinyirin Orang

Malu itu alamiah dan nggak apa-apa, kok. Malah, kadang perlu. Cuma, kamu kudu tahu kapan kamu perlu malu, dan kapan kamu sebenarnya dihalang-halangi untuk mencapai apa yang kamu mau. Kalau kamu laki-laki dan ingin belajar fashion, memang kenapa? Kalau kamu perempuan dan kamu ingin jadi pemain bola, apa salahnya?

 

2. Kamu Merasa Cowok Wajib Bayar Semuanya

Ayo ngaku, siapa yang merasa begini? Kalau kamu masih merasa bahwa hanya karena kamu cowok, kamu harus bayarin semuanya, kasihan banget hidup kamu. Harusnya kan, kamu dan pasanganmu bertanggung jawab untuk satu sama lain. Bukannya jadi dompet berjalan.

 

3. Kamu Merasa Cewek Nggak Boleh Jadi Pemimpin

Lah? Serius? Indonesia sudah pernah punya presiden perempuan kali! Anggota DPR, lurah, camat, ketua RT dan RW yang perempuan juga sudah banyak! Kalau urusan pimpin-memimpin, yang penting kan orang itu kompeten, bertanggunug jawab, demokratis, dan bener-bener mau bekerja untuk kepentingan bersama. Mau laki-laki atau perempuan, kesempatan dan kemampuannya sama aja kan.

 

4. Kamu Masih Suka Mukul, Bentak, dan Maksa Pacar Kamu

Masih beginian aja, bung dan nona? Kamu ini lagi pacaran atau lagi gulat?

Baca:  3 Jenis Pil: Jika Kamu Melakukan Hubungan Seks Tidak Aman

 

5. Kamu Jauhin Teman kamu Karena dia LGBT

Perkara kamu setuju atau gak setuju dengan orientasi seksual seseorang, itu urusan lain. Dan tak apa-apa kok, kalau kamu nggak sepakat. Cuma, faktanya adalah dia manusia yang sama kayak kamu, punya hak yang sama kayak kamu, dan bisa galau juga kalau dijauhin karena kamu. Itu identitas dia dan kalau dia nyaman dengan orientasinya, lalu apa masalahnya?

 

Masih banyak banget tanda-tanda lain kalau kamu belum bener-bener merdeka. Punya ide tanda lain atau kenal orang yang kayaknya belum bener-bener merdeka? Yuk, ajak aja mereka ngobrol bareng di @SobatASK atau belajar bareng di sobatask.net/ruangbelajar.

“Selamat Hari Kemerdekaan! Tujuh belas Agustus tahun empat limaaaa… itulah hari kemerdekaan kitaaaaa..”

Komentar

komentar