Review Sobat ASK - SobatASK

Review Sobat ASK

5 Catatan Penting dari Dialog “Remaja, Seksualitas, & Teknologi”
06/08/2015
Ayo bergabung di Indonesian Youth Camp for ICFP di Bali (7 November 2015)
13/08/2015

Anak-anak muda Indonesia sulit mendapatkan panduan terpercaya dan bermutu dalam bidang seksualitas. Dikarenakan penduduk Indonesia yang konservatif, pembahasan topik-topik seksualitas sering dipandang tabu. Perbincangan seputar topik tersebut pun dicegah untuk meminimalisir pengaruh-pengaruh yang dianggap “tidak etis” bagi remaja. Akan tetapi, cara tersebut tak selalu berdampak positif karena anak-anak muda belum tentu akan mengindahkan larangan-larangan yang dipaksakan kepada meraka. Terlebih lagi remaja yang sedang melalui masa pubertas dan faktor hormonal membuat mereka penasaran akan banyak hal. Dilema inilah yang jadi pemicu dibuatnya SobatASK.net. Situs yang menjadi sarana anak muda untuk mengemukakan pertanyaan-pertanyaan terkait seksualitas, baik secara anonim maupun terbuka tanpa harus khawatir dihakimi.

 

Sobat ASK mencakup berbagai topik seksualitas

Informasi yang tersedia di Sobat ASK mencakup beragam topik seksualitas yang penting bagi remaja. Mulai dari pengetahuan biologis (anatomi) mendasar sampai prosedur perilaku seks yang aman, kontrasepsi, dan berbagai jenis orientasi seksual. Semua tersedia dan dapat diakses dengan mudah. SobatASK.net mendefinisikan berbagai macam istilah ilmiah seksual agar para pengunjung dapat memahami dan mendapatkan pedidikan seksualitas secara utuh. Terlebih lagi, Sobat ASK juga memiliki tagline #KamuTidakSendirian yang bisa juga diakses di social media  (Facebook, Twitter, Instagram) yang memfitur beragam cerita dan informasi yang berhubungan dengan pendidikan seksualitas. Program ini diciptakan sebagai wadah bagi remaja Indonesia untuk berekspresi tentang apapun yang berkenaan dengan seksualitas dan dirinya tanpa merasa tertekan, takut atau malu.

 

Meminimalisir tingkat kekerasan seksual

Salah satu misi Sobat ASK adalah meminimalisir tingkat kekerasan seksual dan penyebaran infeksi-infeksi menular seksual (IMS). Konten ulasan Sobat ASK mengenai IMS dan kekerasan seksual di antaranya menegaskan pentingnya penggunaan kontrasepsi, persetujuan bersama dan penerapan sikap waspada dalam relasi. Sobat ASK juga menerangkan bahwa ketelitian dan kebersihan penting dalam menghindari risiko-risiko seksual. Ini semua untuk membentuk sikap remaja agar tidak menjadi remaja yang terlewat masa bodoh terhadap masalah penting soal diri mereka sendiri.

Baca:  5 Alasan Anak Muda Perlu Pendidikan Kespro

 

Orang-orang terpercaya di baliknya

Sobat ASK merupakan sarana ideal bagi anak muda yang penuh rasa ingin tahu karena pihak-pihak yang terlibat di Sobat ASK terbuka dan terpercaya serta memiliki latar belakang yang kredibel dalam isu-isu tersebut. Tanpa menghakimi, berbagai macam orientasi seksual diterangkan secara obyektif dan lengkap sehingga remaja mendapatkan wacana serta dapat berkonsultasi dengan pihak-pihak yang juga merasakan apa yang mereka rasakan. Tekanan dari alienasi dan diskriminasi yang sering dialami pun dapat ditanggulangi sehingga anak muda tidak lagi merasa depresi atau pun sendirian.

IMG-20150803-WA0001

Sobat ASK dapat dianggap sebuah kreasi yang signifikan di Indonesia karena ciri khasnya sebagai situs yang bertujuan untuk mendidik remaja soal kehidupan seksual secara ekstensif dan empatis yang berskala nasional. Manfaat Sobat ASK pun bagi yang sedang memulai pembelajaran soal seksualitas atau mencari konsultasi sangat terjamin dan patut direkomendasikan.

 

 

Ioannis I. Papadimitriou

 

 

Artikel Terkait

Komentar

komentar