Pelatihan PhotoVoice Remaja di Pasuruan

[LIPUTAN] Pelatihan PhotoVoice Remaja di Pasuruan

5 Tips Coming Out
05/10/2015
Pameran PhotoVoice: Ketika Remaja Bersuara Lewat Foto
13/10/2015

Minggu lalu, selama hampir seminggu, sebanyak 19 remaja yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Sumatera sampai Papua, mengikuti Pelatihan PhotoVoice. Pelatihan ini diadakan dari tanggal 5 sampai 9 Oktober 2015 di Kaliandra Sejati, Pasuruan, yang begitu asri dan jauh dari perkotaan. Selama lima hari mereka diberikan materi mengenai photovoice sebagai metode untuk menyuarakan pesan mereka. Pesan ini nantinya diharapkan dapat menciptakan perubahan positif sesuai harapan yang mereka sampaikan melalui foto. Sebagian besar peserta merupakan remaja kelompok penerima manfaat dari program ASK (Akses, Servis, Ketahui), Laki-Laki Peduli, dan UFBR (Unite for Body Rights).

DSC_0670

Kelompok peserta berlatih membuat rencana pengambilan foto sebagai langkah awal photovoice 1.

DSC_0671

Kelompok lain tak mau kalah dalam menyusun rencana pengambilan foto mereka.

 

Pelatihan ini mengajak peserta untuk menjawab tiga buah pertanyaan riset. Pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain: mengapa layanan kesehatan seksual dan reproduksi ramah remaja penting, mengapa pendidikan seksualitas komprehensif penting, dan mengapa percaya bahwa keterlibatan laki-laki penting untuk memutus rantai kekerasan terhadap perempuan. Peserta yang dibagi berdasarkan tiga pertanyaan tersebut pun dilatih cara menjawab pertanyaan riset melalui photovoice. Selama satu setengah hari, peserta diberi waktu dan diantarkan ke lokasi-lokasi potensial untuk memburu foto. Lokasi tersebut antara lain pemukiman warga di Pasuruan, Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas), dan Pasar Prigen.

DSC_0768

Peserta yang sedang praktik memburu foto berbincang dengan salah satu pemilik rumah di pemukiman Pasuruan.

DSC_0780

Para peserta asik berburu foto di sekitar balai desa.

DSC_0824

Peserta yang sedang berburu foto di Pasar Prigen.

Di hari keempat dan kelima para peserta diajak langsung untuk turut terlibat dalam mempersiapkan pameran photovoice di Surabaya. Setelah dua jam perjalanan turun gunung, seluruh peserta dengan begitu kompak dan tak kenal lelah dari Kamis malam sampai Jumat pagi bekerja keras menyusun konsep dan dekorasi pameran agar tampak menarik dan berhasil menyampaikan pesan mereka.

Baca:  Youth Media Festival 2015

 

Peserta yang sedang mempersiapkan pameran:

DSC_0913

DSC_0916

DSC_0927

DSC_0908

Artikel Terkait

Komentar

komentar