4 Tips Kalau Temanmu Jadi Korban Pelecehan Seksual

4 Tips Kalau Temanmu Jadi Korban Pelecehan Seksual

7 Tips Kalau Kamu Jadi Korban Pelecehan Seksual
17/11/2015
6 Hal yang Wajib Kamu Tahu Soal Pelecehan Seksual
24/11/2015

Sebelumnya, Sobat ASK sudah pernah ngobrol soal apa itu kekerasan seksual, mulai dari yang terjadi di tempat umum maupun di tempat pribadi. Tapi, gimana kalau ada teman kamu yang jadi korban? Kamu harus ngapain?

Jangan khawatir, Sobat ASK dan teman-teman dari Perempuan Mahardhika punya beberapa tips buat kamu!

 

1. Lindungi Dia 

Pertama-tama, kamu harus memastikan bahwa teman kamu sudah dilindungi dari pelaku. Kamu bisa menarik teman kamu menjauh, pindah tempat duduk, dan melakukan cara-cara lainnya agar pelaku tidak mengulangi atau melanjutkan perbuatannya.

 

2. Pastikan Ada Bukti

Jangan lupa untuk mendokumentasikan kejadian sebisa mungkin. Foto pelaku, ambil catatan, jika terjadi kekerasan ambil foto bekas-bekasnya. Kamu perlu mengumpulkan bukti untuk berjaga-jaga jika ingin menuntut secara hukum, apalagi jika kasus kekerasan yang dihadapi sangat serius.

 

3. Temani Dia

Yang ini sudah jelas. Dia pasti syok dan merasa tidak nyaman, dan lagi butuh-butuhnya dukungan dari orang yang dia percayai. Ajak dia pulang ke rumah keluarga yang dia percaya, ke teman yang akrab, atau antar pulang ke rumah atau kosan dia saja dan temani sampai dia tenang.

Ingat ya: teman kamu mungkin takut, trauma, dan bingung. Dia enggak perlu diceramahi, dimarah-marahin, dan dinasehati. Kamu cuma perlu ada untuk dia, memberi dukungan, dan mendengarkan dia kalau dia butuh curhat.

 

4. Cari Bantuan Profesional

Kalau buat Sobat ASK, ini langkah yang sangat penting. Teman kamu hampir pasti bakal butuh bantuan konselor profesional yang bisa membantu dia melewati masa-masa berat ini, apalagi kalau pelecehan seksual yang dia hadapi sangat parah. Kamu enggak bisa (dan enggak perlu) membantu dia melawan trauma itu sendirian.

Baca:  5 Hal Lain yang Bisa Kamu Pikirin selain Pernikahan

Konselor dan komunitas pendamping korban juga bisa ngebantu dia menentukan langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh kalau dia mau menuntut secara hukum.

 

Kamu enggak perlu khawatir, karena #KamuTidakSendirian. Ada banyak banget mitra dan teman kami yang menyediakan layanan konseling dan pendampingan korban. Semuanya terpercaya, enggak kemahalan, dan ramah remaja. Buka-buka aja di Direktori Layanan kami 🙂

 

 

Baca artikel tentang pelecehan seksual lainnya:

 

Sumber foto:
panikonuclear.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar