7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Youth Idea Festival & Dialog Kultural soal HIV di Papua
02/12/2015
5 Hal yang Lebih Asik Kalau Kamu Menikah Tepat Waktu
07/12/2015

Para pembaca Sobat ASK mungkin ada yang sudah kepikiran bakal menikah suatu saat nanti, bahkan mungkin ada yang sudah punya calonnya! Tapi, menikah enggak segampang itu. Kalau kamu sudah berkomitmen dengan seseorang seumur hidup kamu, kamu jelas enggak bisa dikit-dikit ngambek dan minta putus kayak orang lagi cinta monyet. Konsekuensinya lebih banyak, apalagi kalau kamu punya anak.

Biar pernikahan kamu nantinya enggak berantakan dan bikin kesal, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dulu. Misalnya…

 

1. Bagi-Bagi Kewajiban

Pada dasarnya, emang kalian berdua sama-sama bertanggung jawab untuk rumah tangga tersebut. Tapi, akan sangat membantu nantinya kalau sebelum menikah, kalian udah tahu siapa yang berkewajiban ngurus apa. Dan ini bisa tergantung sifat kalian masing-masing. Mungkin, menurut kamu hal kecil seperti si dia bantu bersih-bersih rumah itu bikin dia suamiable banget, jadi kamu mau dia begitu. Mungkin, dia mau kamu ambil kerjaan yang paruh waktu aja karena kalian mau segera punya anak. Hal-hal kayak begini harus disepakatin dan diobrolin dulu, biar nantinya enggak repot.

 

2. Sepakat Gimana Cara Ngedidik Anak

Anak kamu mau disekolahin di sekolah negeri, di madrasah, atau mau homeschooling sekalian? Kalian mau mendidik dia dengan keras atau lembut? Nilai-nilai apa aja yang mau kalian turunkan ke dia dan gimana cara kalian menurunkan nilai tersebut? Apa saja yang harus dipersiapkan biar kamu sehat semasa hamil dan bayi kamu tumbuh dengan baik?

Kalau kalian udah punya anak, kalian berdua sudah bertanggung jawab untuk nyawa orang lain yang hampir sepenuhnya bergantung sama kalian. Kamu dan dia harus sama-sama paham dan mempersiapkan diri untuk jadi orang tua yang bertanggung jawab.

 

Baca:  7 Tips Kalau Kamu Balikan dengan Mantan

3. Buka-Bukaan

Jangan mikir jorok dulu, yang kami maksud bukan buka-bukaan yang kayak gitu. Maksud kami, kalian berdua harus terbuka soal banyak hal. Apa kepercayaan dan kebutuhan spiritual kalian? Apa yang kalian inginkan dari pernikahan ini nantinya? Apakah ada rahasia yang masih kalian simpan yang menurut kamu bakal mengganggu pernikahan kalian nanti? Kalian harus bisa terbuka sama satu sama lain dulu, karena kalian bakal barengan dengan satu sama lain sampai akhir hidup. Bayangin menghabiskan sisa hidupmu bareng orang yang masih punya unek-unek enggak enak sama kamu.

 

4. Tahu dan  Menghormati Kehidupan Sosial Masing-Masing

Kalian kenal, percaya, dan suka enggak sama teman masing-masing? Kalian keberatan enggak kalau pasanganmu kadang nongkrong sama mereka dan enggak ngajak kamu? Kayak beginian harus diomongin banget, biar kalian enggak cemburu, marah-marah karena hal yang enggak jelas, dan merasa tidak diperhatikan.

 

5. Merencanakan Keuangan

Ini penting banget. Sekali lagi, kamu enggak harus mapan untuk menikah, tapi keuangan kamu harus stabil. Kamu akan punya anak, makanan dan sekolah dia bakal dibayar pakai apa? Kamu butuh tempat tinggal, apakah kalian akan ngekos atau beli rumah sendiri? Pakai duit siapa? Masa mau numpang rumah mertua sampai kiamat menjelang?

Perencanaan itu penting. Buka tabungan, cari asuransi atau investasi, kerja sampai kamu punya pekerjaan yang stabil dan mendapat gaji yang cukup layak untuk menghidupi kamu dan keluargamu. Jangan anggap remeh yang satu ini.

 

6. Buat Batasan

Apa yang tidak mau kalian kompromikan dalam pernikahan tersebut? Karir kalian kah? Atau keinginan kamu untuk buka usaha, kuliah lagi, dan sebagainya? Menikah berarti pengorbanan, memang, tapi jika ada hal-hal tertentu yang memang sudah enggak bisa dikompromikan, kalian harus tahu dulu dan saling memahami.

 

Baca:  Tips kalau Kamu Jatuh Cinta Pas Traveling

7. Kuatkan Komitmen Kalian

Pernikahan itu awal dari jalan panjang yang akan kalian lalui berdua. Jalan itu enggak akan selamanya enak. Kadang bakal ngeselin, kadang bakal bikin sedih, kadang bakal bikin kalian bingung. Tapi, kalau kalian terbiasa menghargai satu sama lain, terbuka, dan menyelesaikan masalah bersama, kalian pasti bisa.

Tarik nafas dalam-dalam: pasti bisa!

 

Menikah itu enggak cukup kalau cuma modal cinta, nekat, bahkan uang. Karena yang paling penting itu kedewasaan dan komitmen kalian ke satu sama lain. Jadi, jangan terburu-buru ambil keputusan. Umur kamu masih panjang, jadi jangan sampai kamu menghabiskannya dengan orang yang enggak ngerti kamu dan sulit untuk bertahan sama kamu.

Kalau kamu menghadapi situasi ini dan bingung, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. Kalau butuh curhat serius tapi santai, kamu bisa konseling ke klinik-klinik mitra kami, cek alamatnya di Direktori Layanan kami.

 

 

 

Sumber foto: colourbox.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar