9 Contoh Seksisme yang (juga) Ngeselin - SobatASK

9 Contoh Seksisme yang (juga) Ngeselin

5 Hal Lain yang Bisa Kamu Pikirin selain Pernikahan
28/04/2016
6 Hal dalam Film Porno yang Nggak Benar
25/05/2016

Sebelumnya, SobatASK pernah ngomong soal contoh-contoh perbuatan seksis yang ngeselin banget di sini. Mulai dari beranggapan perempuan enggak bisa berpikir sehat sampai menyuruh perempuan mengurus rumah sendirian. Secara sadar atau enggak kita hidup di masyarakat yang sering mendiskriminasi orang hanya karena jenis kelaminnya.

Tapi, seksisme seperti ini juga bisa terjadi pada laki-laki. Berikut 9 contoh seksisme yang sesungguhnya meskipun ditujukan untuk perempuan tapi juga merugikan laki-laki.

 

1. Saat kamu diejek karena pendapatanmu lebih kecil dari perempuan.
YANG MEREKA BILANG: "Cowok kok gajinya lebih kecil dari ceweknya? Malu-maluin!"

PADAHAL: Kebanyakan orang mungkin bilang begini karena beranggapan bahwa laki-laki harusnya berperan sebagai pencari nafkah di keluarga. Tapi, kalau ternyata rejeki cewekmu lebih besar dari kamu, apa salahnya? Tugas laki-laki bukan (cuma) membiayai ceweknya dan keluarganya kelak. Hubungan yang cuma diukur dari uang itu menyedihkan banget, lho.

 

2. Saat kamu dimarahi karena dianggap terlalu emosional.
YANG MEREKA BILANG: "Cowok kok cengeng! Kamu harus kuat!"

PADAHAL: Sekali lagi, studi dari Mindlab di 2014 menunjukkan bahwa laki-laki sebetulnya cenderung lebih sensitif secara emosional ketimbang perempuan. Bedanya, mereka dididik untuk tidak menunjukkan emosi itu. Padahal, enggak ada salahnya merasa kecewa, sedih, dan terpukul. Itu emosi yang manusiawi. Menjadi laki-laki tidak membuatmu terpaksa menyangkal perasaan-perasaan tersebut.

 

IMG-20160427-WA0007

 

3. Saat Kamu Diketawain Karena Diduluin Cewek
YANG MEREKA BILANG: "Makanya kamu jangan pemalas dong! Si Nisa aja juara kelas, masa kamu mau kalah sama cewek?"

PADAHAL: Sebentar, memangnya laki-laki harus selalu menang dari perempuan, ya? Perempuan bisa berprestasi dalam banyak bidang dan itu baik bagi kita semua. Laki-laki juga bisa kalah secara gilang gemilang dalam berbagai bidang dan itu bukan aib. Kalau mereka jago, ya sudahlah. Mending kamu belajar dari mereka, ketimbang marah-marah enggak jelas.

Baca:  Meet Up Remaja Komunitas

 

4. Saat kamu dicibir karena takut pada sesuatu.
YANG MEREKA BILANG: "Kok kamu takut sama kecoa terbang, sih? Banci lo, masak beginian aja takut! Enggak laki!"

PADAHAL: Memang kamu laki-laki. Tapi kamu juga manusia. Oleh karena itu, wajar dong kalau kamu punya rasa takut. Lagipula, KECOA TERBANG ADALAH AZAB YANG DIKIRIM ILAHI KE DUNIA UNTUK MENGHUKUM HAMBA-HAMBANYA YANG LAKNAT. SUDAH SEMESTINYA KITA SEMUA TAKUT PADA KUTUKAN KECOA TERBANG.

 

5. Saat kamu dikemplang karena kamu dianggap enggak gentleman.
YANG MEREKA BILANG: "Masak kamu diantar/ditraktir sama cewek kamu? Itu kan tugasnya cowok!"

PADAHAL: Sesekali mentraktir itu enggak apa-apa. Tapi, kenapa harus cowok terus yang mentraktir dan mengantar? Kamu ini lagi jadi pacar atau jadi supir dan ATM? Seimbanglah dalam berhubungan. Jangan memaksa orang melakukan sesuatu yang enggak nyaman.

 

6. Saat kamu dianggap kurang laki.
YANG MEREKA BILANG: "Cowok kok hobinya dandan sama galau? Kayak cewek aja lu!"

PADAHAL: Gimana orang memutuskan untuk mengekspresikan dirinya itu beragam. Bisa saja ada cowok yang bertingkah laku feminin, padahal dia heteroseksual. Pun, bisa saja ada laki-laki yang gagah dan macho, padahal dia homoseksual. Tampak luar tak selalu membuktikan apa yang ada di dalam. Hanya karena seorang laki-laki suka warna pink, suka berlama-lama ngaca, dan sering galau, bukan berarti dia salah. Itu nggak bikin identitas laki-laki dia berkurang. Kenapa mesti repot?

 

7. Saat selera musikmu dilecehkan.
YANG MEREKA BILANG: "Cowok kok suka boyband sama K-Pop? Itu kan musik cewek!"

PADAHAL: Musik ya musik, selera orang kan berbeda-beda. Kalau ada cowok suka Taylor Swift dan K-Pop, apa salahnya? Pun, kalau ada perempuan yang seneng musik metal kayak Seringai, apa salahnya?

Baca:  5 Pertanyaan Nyebelin yang Sering Dihadapi Jomblo

 

8. Saat mereka bilang kamu harus jadi pacar yang dominan.
YANG MEREKA BILANG: "Cewek lo kok gitu, sih? Lo sebagai laki-laki harusnya bisa mengendalikan dia, ngatur dia, bla bla bla..."

PADAHAL: Bentar. Kamu ini mau dijadikan pacar atau Tuhan? Kok cewekmu harus menjalankan segala perintahmu dan menjauhi segala laranganmu? Kamu enggak perlu mendominasi untuk jadi pacar yang baik. Cukup berkomunikasi dengan baik sama dia dan hormati dia sebagai manusia. Enggak ribet kok.

 

9. Saat kamu dianggap bego.
YANG MEREKA BILANG: "Cowok itu sukanya cewek yang feminin, agak manja, dan enggak usah kepinteran."

PADAHAL: OKE. INI YANG PALING BIKIN EMOSI. Apakah menurut kamu laki-laki semenyedihkan itu sampai bisa minder hanya karena pasangannya pintar?

 

 

Sumber foto:
dailytrojan.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar