Ciri-ciri Klinik Ramah Remaja - SobatASK

Ciri-ciri Klinik Ramah Remaja

5 Contoh Keuntungan yang Dimiliki Cisgender
28/07/2016
8 Layanan yang WAJIB Ada di Klinik Ramah Remaja
02/08/2016

Kami paham: pergi ke klinik atau dokter itu aneh dan menyeramkan. Pertama, kamu pasti merasa tidak perlu ke klinik kecuali kamu merasa sakit. Kedua, kamu takut dicibir atau dimarahi jika bertanya macam-macam, apalagi tentang kesehatan reproduksimu. Ketiga, kamu ogah menghabiskan uang terlalu banyak. Sebenarnya, semua ketakutan itu tidak akan terwujud asal kamu mampir ke klinik yang ramah remaja. Tapi, apa saja kriteria dari klinik yang ramah remaja?

 

1. Prosedur yang Mudah

Semua prosedur yang kamu lalui, mulai dari mendaftar untuk pertama kali sampai akhirnya kamu bertemu dokter dan mendapat obatmu, harus dibuat semudah mungkin. Jangan sampai kamu harus menunggu lama hanya untuk mengisi surat-surat tertentu.

 

2. Pelayanan yang Lengkap

Kamu korban kekerasan dalam pacaran dan butuh konselor? Ada. Kamu butuh periksa kesehatan dan mendapat obat untuk menyembuhkan infeksi menular seksual? Gampang. Kamu mau tes HIV dan nanya macam-macam ke dokter? Boleh.

Layanan yang benar-benar ramah remaja harusnya menyediakan pilihan layanan yang lengkap. Lain kali, kami akan membahas apa saja pilihan layanan yang harusnya ada di layanan ramah remaja.

3. Waktu/Jam Buka yang Sesuai

Klinik sekeren apapun akan percuma kalau dia hanya buka di jam kerja atau jam sekolah. Begitu pun kalau dia tidak pernah buka di akhir pekan, saat anak muda sudah lebih lowong dan tidak harus pergi ke sekolah, kampus, atau pekerjaan. Harusnya, jam buka klinik yang ramah remaja lebih fleksibel dan sesuai dengan keseharian anak muda.

 

4. Bebas Diskriminasi

Kamu tidak akan dianggap nakal hanya karena dandananmu urakan dan ingin periksa infeksi menular seksual. Kamu tidak akan dicibir dan ditanyai hal-hal yang tidak perlu hanya karena kamu berjilbab dan mau tes HIV. Apapun latar belakang, status sosial, orientasi seksual dan penampilanmu, semua orang berhak mendapat perlakuan yang baik dan layanan yang memadai.

Baca:  [REVIEW] Puskesmas di Jakarta Selatan

 

5. Menghargai Privasi Remaja

Informasi apapun yang terkait dengan kondisi kesehatan kamu, kisah yang kamu obrolin saat curhat ke konselor, dan segala tetek bengek lainnya pasti akan dirahasiakan. Bahkan, nama dan data diri kamu bakal dirahasiakan. Tidak sembarangan orang bisa mengakses data dan informasi tersebut.

6. Memberikan Pilihan Terbuka

Apapun yang terjadi, kamu punya pilihan. Obat atau terapi A, misalnya, pasti punya manfaat, keuntungan dan risiko tersendiri bila dibandingkan dengan obat atau terapi B. Penyedia layanan di klinik yang ramah remaja harusnya menerangkan semua pilihan yang tersedia secara lengkap, dan memberi kamu kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri.

 

7. Harga yang Murah

Ya iyalah. Mana mungkin ada klinik ramah remaja, tapi sekali mampir harus keluar duit jutaan rupiah?

 

Nih tonton video dari teman-teman Aliansi Remaja Independen yang jadi sumber artikel kami satu ini!

 

Artikel Terkait

Komentar

komentar