Apa Bedanya Transgender, Transeksual dan Transvestit - SobatASK

Apa Bedanya Transgender, Transeksual dan Transvestit

5 Alasan Hak Kespro Kamu Belum Terpenuhi
13/09/2016
Apa itu Interseks ?
29/09/2016


Kamu mungkin pernah mendengar istilah ‘transgender’ atau ‘waria’. Tapi, apakah semua transgender sudah operasi untuk mengganti kelaminnya? Apakah transgender itu cuma waria saja?

Ternyata trans dikelompokkan dalam tiga jenis: transgender, transseksual, dan transvestit. Yuk, kenalan sama mereka!

 

Transgender

Transgender adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang identitas atau ekspresi gendernya berbeda dengan apa yang dianggap “wajar” jenis kelaminnya.

Ada dua jenis transgender: waria (transwoman) dan priawan (transman). Waria adalah seseorang yang terlahir dengan alat kelamin laki-laki (penis), namun merasa dirinya perempuan. Sebaliknya, priawan adalah seseorang yang terlahir dengan alat kelamin perempuan (vagina), namun lebih merasa dirinya laki-laki.

Ada transgender yang menjalani terapi hormon supaya penampilan dan tubuhnya lebih sesuai dengan identitas yang mereka mau. Beberapa bahkan mempersiapkan diri untuk melakukan operasi penggantian alat kelamin. Namun, tidak semua transgender melakukan hal ini.

Sumber foto: intouchweekly.com

Thomas Beatie adalah seorang priawan yang telah melakukan operasi untuk mengubah penampilannya, namun masih memiliki alat kelamin perempuan. Karena itulah, ia masih mampu secara biologis untuk hamil dan memiliki tiga orang anak. Saat ini, Beatie aktif sebagai pembicara dan aktivis hak LGBTIQA.

 

11822576_871036179616363_2281249558651766046_n

Dena Rachman lahir dengan nama Renaldy Denada Rachman dan tenar sebagai penyanyi cilik dan bintang iklan, juga berperan di beberapa sinetron. Pada tahun 2013, ia menjadi buah bibir setelah mengungkapkan secara terbuka identitasnya sebagai transgender. Walau telah melakukan operasi implan payudara, kabarnya ia belum melakukan operasi penggantian kelamin.

 

Transeksual

Transgender merasa identitas gendernya tidak sesuai dengan apa yang dianggap “wajar” untuk jenis kelamin biologisnya. Namun, mereka belum tentu mengubah alat kelamin mereka. Seseorang yang waria, misalnya, bisa jadi tidak merasa ingin melakukan operasi untuk mengubah penisnya menjadi vagina.

Baca:  3 Mitos Paling Umum soal Trans Menurut Trans

Transeksual adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang telah melakukan operasi penggantian kelamin. Meskipun begitu, tidak semua transeksual nyaman disebut transeksual, dan lebih senang disebut transgender atau cukup trans.

Sumber foto: kapanlagi.com

Dorce Gamalama aktif sejak lama sebagai penyanyi, aktris, pembawa acara dan pelawak. Dorce adalah salah satu artis paling senior dan dihormati di Indonesia. Dorce, yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, melakukan operasi untuk mengubah jenis kelaminnya.

 

Caitlyn Jenner sebelum jadi bintang televisi terkenal melalui acara Keeping Up with the Kardashians adalah atlet berprestasi yang sempat meraih medali emas di Olimpiade. Pada tahun 2015, ia mengumumkan bahwa ia telah melakukan operasi penggantian jenis kelamin dan mengubah namanya dari Bruce menjadi Caitlyn Jenner.

 

Transvestit

Juga disebut cross-dresser. Biasanya, istilah ini mengacu pada laki-laki heteroseksual yang terkadang menggunakan pakaian, rias wajah, dan aksesori yang dianggap identik dengan perempuan. Meskipun begitu, perempuan juga bisa menjadi cross-dresser.

Kegiatan ini adalah bentuk ekspresi gender, bukan identitas gender. Cross-dresser hanya melakukan hal tersebut sesekali sebagai bentuk ekspresinya, sementara transgender benar-benar ingin menghidupi identitas gender yang berlainan dengan jenis kelamin biologisnya.

Sumber foto: liputan6.com

Tessy adalah pelawak senior berlatar belakang cukup gahar, ia tergabung dalam Korps Marinir untuk operasi di Irian Barat pada tahun 1961-1963. Kariernya sebagai pelawak melejit saat ia bergabung dengan grup lawak legendaris, Srimulat. Tessy terkenal karena sering memerankan karakter perempuan dengan riasan tebal, cincin akik berlimpah, dan logat Surabaya kental.

 

Sumber foto: huffpost.com

Conchita Wurst – Conchita adalah penyanyi asal Austria, yang tenar setelah menjuarai kejuaraan menyanyi Eurovision di tahun 2014. Penyanyi dengan penampilan khas ini ‘diperankan’ oleh Tom Neuwirth, seorang laki-laki berusia 27 tahun yang sempat menjadi anggota boyband.

Baca:  5 Contoh Keuntungan yang Dimiliki Cisgender

 

 

Sumber:
glaad.org/reference/transgender

Artikel Terkait

Komentar

komentar