5 Perubahan di Tubuh Perempuan Saat Puber - SobatASK

5 Perubahan di Tubuh Perempuan Saat Puber

JANGAN Mengucapkan 13 Hal Ini ke Seseorang yang Depresi
01/11/2016
5 Perubahan di Tubuh Laki-Laki Saat Puber
14/11/2016

Saat kamu mencapai usia tertentu, kamu akan mengalami banyak sekali perubahan di tubuh. Semua itu wajar kok. Kamu sedang mengalami proses yang disebut puber atau pubertas dan hal ini terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan.

Pada masa-masa pubertas, banyak banget hormon dalam tubuh kamu bangun satu per satu, dan mengubahmu baik secara fisik maupun emosional. Setiap orang mengalami pubertas di masa yang berbeda-beda. Meskipun begitu, rata-rata perempuan mulai mengalami pubertas paling cepat saat berusia 8 tahun dan paling telat saat berusia 13 tahun. Proses pubertas mulai dari pertumbuhan payudara sampai tubuhmu sudah dewasa bisa berlangsung selama hanya 1,5 tahun, dan kadang berlangsung selama 6 tahun.

Omong-omong, kamu mungkin pernah dengar bahwa perempuan lebih cepat “dewasa” daripada laki-laki. Itu ada benarnya karena perempuan saat puber dua tahun lebih cepat.

Jadi, apa saja perubahan yang akan terjadi pada tubuh kamu saat kamu puber ?

 

1. Pertumbuhan Payudara

Biasanya mulai pada usia: 8-13 tahun.

Payudara atau dada kamu akan mulai tumbuh pada usia sekitar 8 sampai 13 tahun. Semuanya dimulai dari areola, daerah di sekitar puting kamu. Areola akan kelihatan membengkak dan tumbuh perlahan-lahan sampai mencapai ukuran tertentu. Ukuran payudara setiap perempuan berbeda-beda. Enggak ada salahnya jika ukuran payudaramu lebih besar atau lebih kecil daripada teman-teman kamu.

Enggak ada cara alamiah yang terbukti secara ilmiah untuk membesarkan atau mengecilkan payudara. Satu-satunya cara yang memungkinkan adalah dengan operasi plastik dan proses ini belum tentu aman.

 

2. Pertumbuhan Bulu Pubis dan Ketiak

Biasanya mulai pada usia : 8-14 tahun, bulu ketiak menyusul dua tahun kemudian.

Bulu pubis akan tumbuh di bagian luar dan atas dari alat kelaminmu, dan lama kelamaan bulu ini akan lebih lebat, gelap, dan kasar. Biasanya, dua tahun setelah bulu pubis mulai tumbuh, akan muncul bulu di ketiakmu juga.

Nantinya, kamu boleh memilih untuk mempertahankan bulu pubis ini atau mencukurnya. Tapi jangan lupa: kamu harus berhati-hati saat mencukur bulu pubis ini karena dia terletak di daerah dekat alat kelamin yang sensitif. Kalau kamu menggunakan alat cukur yang salah, bisa menimbulkan iritasi, alergi, rambut yang tidak tumbuh lagi setelah dicukur, atau infeksi.

 

Baca:  5 Tanda Kamu Wajib Pap Smear
3. Pertumbuhan Tubuh

Biasanya mulai pada usia : 9,5-14,5 tahun.

Saat puber, badanmu akan tumbuh jauh lebih cepat dari ujung kepala sampai ujung kaki. Satu hal lagi yang akan tumbuh: berat badanmu. Ini proses yang normal dan wajar kok. Kalau berat badanmu tidak bertambah, tubuhmu tidak akan tumbuh lebih tinggi, payudaramu tidak akan berkembang, dan bahkan kamu tidak akan mengalami menstruasi.

 

4. Menstruasi Pertama

Biasanya mulai pada usia : 10-16,5 tahun.

Setiap bulan, kamu akan mengalami pendarahan dari alat kelaminmu yang disebut menstruasi. Intinya, saat sel telur yang ada di tubuhmu tidak dibuahi (sehingga kamu tidak hamil), tubuhmu meluruhkan dinding rahim kamu, sehingga terjadilah menstruasi.

Sebelum menstruasi, kamu mungkin merasa mudah marah, merasa nyeri, atau enggak enak badan. Gejala ini disebut sebagai premenstrual syndrome (PMS) dan terjadi karena hormon dalam tubuh kamu sedang bergejolak. Proses ini biasanya berlangsung selama 2-7 hari dan terjadi setiap 28 hari sekali. Jangka waktunya berbeda-beda di setiap perempuan.

 

5. Jerawat

Biasanya mulai pada usia: bersamaan dengan pertumbuhan bulu ketiak.

Sebasea, sebuah kelenjar di kulitmu, punya tugas menghasilkan minyak yang (harusnya) keluar lewat pori-pori folikel kulit. Nah, ketika pori-pori ini tersumbat, jerawat terbentuk. Penyebabnya macam-macam, mulai dari keturunan, makanan, stres, kotoran, dan lain-lain.

 

Masih banyak banget perubahan lain yang terjadi pada tubuh kamu saat kamu mulai puber. Kalau kamu masih bingung, butuh nanya macam-macam, dan perlu teman ngobrol yang asik, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. SobatASK kenal banyak konselor sebaya yang senang dengerin curhat kamu, dan mau menjawab pertanyaanmu. Temui mereka aja di Direktori Layanan kami.

 

Sumber:

Baca:  5 Hal yang Kamu Kira Bukan Seksualitas, Padahal Iya

http://www.pamf.org/preteen/mybody/girls/period.html

Semua yang Mau Kamu Tahu Tapi Tabu, SEPERLIMA, 2014

Artikel Terkait

Komentar

komentar