6 Hal yang Nggak Boleh Kamu Korbanin Kalau Lagi Pacaran - SobatASK

6 Hal yang Nggak Boleh Kamu Korbanin Kalau Lagi Pacaran

Apa itu Queer ?
17/11/2016
10 Mitos Menstruasi
18/11/2016

Katanya, cinta butuh pengorbanan. Tapi, bakal aneh juga kalau kamu terlalu banyak berkorban sementara dia enggak melakukan apa-apa. Apalagi kalau yang kamu korbankan adalah hal sangat penting yang bakal ribet kalau enggak kamu rawat lagi. Misalnya…

 

1. Keluarga

Bakal kurang sedap kalau waktu yang harusnya kamu habiskan dengan keluargamu kepotong karena kamu ingin pacaran. Kuncinya terdengar gampang, tapi butuh waktu untuk dikuasai: belajar bagi-bagi waktu dengan baik.

 

2. Teman

Wajar kok kalau kamu mau menghabiskan waktu lebih banyak dengan pasanganmu. Apalagi saat hubungan kalian baru mulai dan kalian sedang kasmaran dengan satu sama lain. Tapi, bakal jadi masalah kalau pasanganmu memaksa kamu untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan dia dan menjauhi teman-temanmu. Keputusan seperti itu harusnya jadi pilihan yang sukarela, bukan atas dasar paksaan.

 

3. Belajar

Masa depanmu akan dijamin oleh pendidikanmu dan kemampuanmu untuk berdiri sendiri dan hidup mandir, bukan dijamin oleh pasanganmu dan janji-janji surganya.

 

4. Hobi & Cita-Citamu

Kamu punya hobi nge-band? Bercita-cita jadi titisan Kanye West? Jangan bersedih, karena kamu tidak perlu melepas cita-cita dan hobi itu demi pacaran. Mungkin kamu perlu membagi waktu dengan baik, tapi seharusnya kamu tidak akan berhenti bermimpi. Pasangan yang baik itu bakal mendukung dan membantu kamu meraih mimpimu, bukan malah memupuskan mimpi itu.

 

5. Uang

Sesekali mentraktir makan itu nggak apa-apa. Membeli hadiah di momen-momen spesial itu baik-baik saja, malah perlu. Membantu dia saat pasanganmu sedang mengalami kesulitan keuangan, itu namanya membantu. Namun, patut diingat bahwa kamu adalah pasangannya, bukan mesin ATM pribadi baginya. Punya pasangan yang mata duitan sudah lumayan bikin kesal. Punya pasangan yang terlalu bergantung secara finansial dan malah jadi pemalas, itu namanya apes.

Baca:  7 Tips Kalau Kamu Jadi Korban Pelecehan Seksual

 

6. Harga Diri

Begini, kamu tidak perlu selalu mengalah hanya karena dia merasa paling benar. Kamu tidak perlu selalu menurut padanya tanpa boleh bertanya hanya karena dia lebih tua. Kamu tidak perlu mencampakkan teman-temanmu, keluargamu, pendidikanmu, dan masa depanmu demi dia hanya karena dia minta. Kamu tidak perlu mencium, memeluk, dan bermesraan dengan dia ketika kamu tidak nyaman hanya untuk “membuktikan cintamu” pada dia.

Hubungan yang sehat dan baik akan menguatkan kalian, bukannya malah mengambil harga diri satu sama lain.

Artikel Terkait

Komentar

komentar