4 Alasan Kamu Perlu Tahu soal Kontrasepsi - SobatASK

4 Alasan Kamu Perlu Tahu soal Kontrasepsi

5 Alasan Kamu Harus Nunda Pacaran Dulu Kalau Kamu Suka Insecure
19/12/2016
Rekomendasi Makanan Kalau Kamu Sering Kram saat Menstruasi
09/01/2017

Sebelumnya, SobatASK sudah berkali-kali nulis soal kontrasepsi. Mulai dari ngomongin kontrasepsi darurat, mitos soal kondom, sampai tips kalau kamu enggak sengaja “keluar di dalam”.

Tapi, mungkin kamu berpikir, “Lho, aku kan belum pernah begituan? Aku kan belum menikah? Belum halal? Buat apa tahu soal itu?” Eits, tunggu dulu. Ada empat alasan penting kenapa kamu harus tahu soal kontrasepsi walaupun kamu belum aktif secara seksual.

 

1. Karena Suatu Saat Nanti Kamu akan Aktif

Mungkin saat ini kamu belum menikah. Belum pernah berhubungan seks. Belum kepikiran juga. Tapi suatu saat nanti, kamu akan aktif secara seksual. Percaya deh, ketika saat itu tiba, pengetahuan kamu soal kontrasepsi bakal membantu banget. Kamu enggak cuma bisa merencanakan keluarga dengan lebih baik, kamu juga bakal terlindungi dari infeksi menular seksual. Lagipula, mengetahui soal kontrasepsi bukan berarti kita akan melakukan hubungan seksual. Misalnya saja, ketika kita mempelajari cara menyelamatkan diri dari tsunami, bukan berarti tsunami pasti datang saat itu juga. Namun, jika suatu waktu datang, maka kita sudah tahu bagaimana menyelamatkan diri.

Omong-omong soal itu, jangan kira bahwa infeksi menular seksual hanya terjadi pada pasangan yang berhubungan seksual di luar pernikahan. Data Kementerian Kesehatan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa jumlah HIV & AIDS tertinggi justru terjadi pada kalangan Ibu rumah tangga (8.497 kasus).

 

2. Karena Orang di Sekitarmu Mungkin Aktif

Bisa jadi teman sebangku kamu, saudara kamu, sahabat kamu. Katanya, sekarang ini yang namanya “pergaulan bebas” sudah merajalela. Hmm, justru karena itulah kamu semakin harus tahu soal kontrasepsi. Karena kalau kamu belajar soal kontrasepsi, kamu otomatis juga belajar soal infeksi-infeksi menular seksual yang bisa dicegah oleh kontrasepsi. Pengetahuan ini penting banget untuk membantu teman atau saudaramu yang enggak tahu apa dampak dan risiko perbuatan mereka.

Baca:  7 Cara Kamu untuk Jadi Laki-Laki yang Enggak Seksis

 

3. Karena Kontrasepsi Bukan Cuma soal Mencegah Kehamilan

Mungkin kamu berpikir, “Buat apa tahu soal kontrasepsi? Nanti kalau udah nikah aku mau langsung punya anak, kok!”

Tapi, kontrasepsi bukan cuma soal mencegah atau menunda kehamilan. Kamu tahu enggak, kalau salah satu cara terampuh untuk mencegah HIV & AIDS adalah dengan menggunakan kondom? Kontrasepsi juga sangat berguna untuk menghindari infeksi menular seksual, lho.

 

4. Karena Kamu Sudah Dewasa dan Berhak

Mengetahui kontrasepsi adalah hak. Setiap harinya kita dihadapkan untuk membuat keputusan-keputusan, termasuk juga keputusan terkait seksualitas. Maka mengetahui kontrasepsi sebagai sebuah pilihan menjadi penting. Selain itu, buat kamu yang nantinya ingin berkeluarga, penting untuk memahami soal kontrasepsi. Ada alasan kenapa perencanaan keluarga itu perlu. Punya anak 10 atau 12 orang itu enggak gampang. Kamu harus merawat mereka, memberi makan mereka, dan mendidik mereka dengan baik. Belum tentu kamu mampu. Lagipula, kamu itu mau bikin keluarga atau bikin tim sepak bola?

 

—-

Tahu soal kontrasepsi bukan berarti kamu berhubungan seksual, dan tahu soal kontrasepsi bukan berarti kamu bisa berhubungan seksual seenaknya. Kamu enggak usah ragu untuk nanya-nanya sama konselor sebaya yang emang paham soal beginian di Direktori Layanan kami. Gih! 🙂

 

 

Sumber foto:
regaltribune.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar