Apa itu Body Shaming ? - SobatASK

Apa itu Body Shaming ?

8 Tips agar Enggak Termakan Informasi yang Salah
24/01/2017
5 Contoh Body Shaming
25/01/2017

Semua orang juga sudah tahu kalau mem-bully orang itu enggak baik. Tapi, percaya atau enggak, ada satu fenomena yang mirip-mirip dengan bullying, sering banget terjadi, dan terkesan lumrah.

Perkenalkan: body shaming dan fat shaming.

 

Body shaming itu…

Body shaming itu cuma istilah lain untuk “mencela orang lain atau dirimu sendiri karena penampilan fisiknya”. Misalnya, mengejek orang lain karena dia gendut, mencela orang lain karena bentuk tubuhnya, mencibir seseorang karena warna kulitnya, dan contoh-contoh lainnya.

 

Berkaitan dengan yang namanya citra tubuh.

Apakah kamu pernah merasa enggak cantik karena kulitmu gelap? Atau merasa enggak ganteng karena badanmu gemuk?

Body shaming itu berkaitan banget dengan citra tubuh. Citra tubuh adalah anggapanmu terhadap tubuhmu sendiri. Apakah kamu percaya diri dengan tubuhmu? Apakah kamu nyaman dengan dirimu sendiri?

Karena kamu manusia, citra tubuh ini pasti terpengaruhi oleh hal-hal yang ada di sekitarmu. Kalau teman-temanmu terbiasa mem-bully kamu karena badanmu gemuk, biasanya kamu akan merasa enggak percaya diri dengan badanmu sendiri.

 

Tetanggaan sama fat shaming.

Selain body shaming, ada juga yang namanya fat shaming.

Fat shaming sebenarnya sama saja kayak body shaming. Tapi, fat shaming lebih mengacu ke celaan atau sindiran yang ditujukan ke orang berbadan gemuk.

 

Enggak harus berbentuk hinaan.

Kata siapa body shaming itu hanya berbentuk hinaan? Banyak hal-hal kecil yang kita ucapkan dan lakukan dalam keseharian itu bisa termasuk body shaming. Nanti, kami akan menulis lebih lanjut soal ini.

 

Bisa berdampak bahaya.

Bayangin kalau setiap hari semua orang di sekitarmu bilang kulit gelap itu enggak cantik. Padahal, kulitmu gelap–namanya juga orang Indonesia! Jadi, harus bagaimana?

Baca:  5 Langkah Kalau Kamu Hamil dan Dikeluarkan dari Sekolah

Tentu, kamu beli kosmetik dan obat yang (katanya) bisa bikin kulitmu lebih putih. Tapi, bagaimana kalau kamu enggak mampu beli kosmetik dan obat yang harganya ratusan ribu rupiah itu?

Jadilah kamu membeli kosmetik yang murahan atau hasil oplosan. Hal ini enggak terjadi sekali-dua kali, lho. Riset dari Chemical Youth tahun 2016 menunjukkan bahwa anak muda perempuan di berbagai daerah Indonesia cenderung memaksakan diri membeli kosmetik yang murahan dan bajakan, walaupun kosmetik itu jelas-jelas bahaya.

Alasannya? Karena mereka mau kulitnya putih.

Tapi, mereka tidak mendapat hasil yang diharapkan. Justru, kulit mereka justru iritasi, alergi, dan rentan penyakit.

Kisah ini menunjukkan bagaimana body shaming bisa berujung pada perilaku yang sebetulnya enggak sehat dan berbahaya. Dan korbannya enggak cuma perempuan. Banyak orang mengalami gangguan kesehatan karena diet secara berlebihan, misalnya. Alasannya mirip: mereka malu dengan tubuhnya sendiri, dan ingin kurus.

 

Masih penasaran soal body shaming? Jangan khawatir, kami bakal nulis soal ini lagi, kok. Atau, kamu bisa nanya-nanya ke konselor kenalan kami di Direktori Layanan kami. ☺

 

 

Sumber:

https://www.dosomething.org/us/facts/11-facts-about-body-image
https://www.waldeneatingdisorders.com/body-shaming-what-is-it-why-do-we-do-it/
https://www.instagram.com/p/BMoRjdRASbo/?taken-by=pamfletgenerasi

 

Sumber foto:
youthleadersacademy.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar