Apa Bedanya Orientasi dan Preferensi Seksual ? - SobatASK

Apa Bedanya Orientasi dan Preferensi Seksual ?

5 Cara Kamu Bisa Enggak Sengaja Seksis
14/03/2017
5 Langkah Kalau Kamu Trauma
15/03/2017

Kamu pasti pernah mendengar istilah orientasi seksual. Itu lho apakah seseorang menyukai sesama jenis, menyukai lawan jenis, suka dua-duanya, atau tidak suka siapa pun sama sekali. Tapi, ada satu lagi istilah yang sering dipakai dan malah bikin bingung: preferensi seksual.

Jadi, sebenarnya mana istilah yang benar? Maksudnya preferensi seksual itu apa? Apa bedanya preferensi seksual dan orientasi seksual?

 

Preferensi = Pilihan

Misalkan ada temanmu yang bernama A dan menyukai lawan jenis. Apakah berarti preferensi seksualnya terhadap lawan jenis?

Hmm, istilah preferensi kurang pas. Soalnya begini: preferensi itu artinya pilihan. Berarti, kalau si A preferensi seksualnya ke lawan jenis, artinya dia memilih untuk menyukai lawan jenis. Padahal, si A juga tidak pernah kepikiran untuk menyukai sesama jenis–memang dia tidak ada perasaan saja untuk sesama jenis.

Artinya, dia tidak memilih untuk menyukai lawan jenis, dong?

 

Orientasi = Bawaan

Nah, di sinilah ketahuan bedanya preferensi dengan orientasi. Kalau preferensi itu pilihan, orientasi seksual itu bawaan. Hampir semua riset ilmiah sepakat bahwa orientasi seksual seseorang itu bukan pilihan, tapi bawaan.

Kita ambil saja contoh kasus si A. Dia tidak memilih untuk menyukai lawan jenis. Kalau dia memilih artinya sebetulnya dia bisa saja suka lawan jenis. Tapi, kenyataannya tidak begitu. Memang dari sananya dia suka lawan jenis. Itu hal yang alamiah dan tidak bisa dia lawan.

 

Istilah Tersebut Sering Tertukar

Seperti yang kami sebut di awal, kedua istilah ini sering tertukar. Orang sering menggunakan kata preferensi seksual, padahal yang mereka maksud adalah orientasi seksual.

Kesalahan ini sekilas terkesan sepele, tapi fatal banget akibatnya. Karena seperti kita lihat di poin 1 & 2, preferensi dan orientasi seksual itu beda banget!

Baca:  5 Manfaat Punya Hubungan yang Sehat

 

Gunakan Istilah yang Sesuai

Tergantung situasinya, istilah preferensi seksual bisa dipakai. Misalnya, bayangkan ada orang bernama B. Dia seseorang yang biseksual, dia menyukai sesama jenis maupun lawan jenis. Nah, meskipun dia bisa suka dua-duanya, sebenarnya secara pribadi B sedikit lebih nyaman dengan lawan jenis. Artinya, preferensi seksual dia seperti itu.

Tapi, kasus seperti si B di atas itu jarang. Seringkali, istilah orientasi seksual lebih tepat digunakan.

Demikian sekilas info!

 

 

Sumber
glaad.org/reference/offensive
advocatesforyouth.org/topics-issues/glbtq/606-frequently-asked-questions-about-sexual-orientation-and-gender-identity
slate.com/articles/health_and_science/science/2013/06/sexual_preference_is_wrong_say_sexual_orientation_instead.html

Artikel Terkait

Komentar

komentar