5 Manfaat Punya Hubungan yang Sehat - SobatASK

5 Manfaat Punya Hubungan yang Sehat

7 Cara Kamu untuk Jadi Laki-Laki yang Enggak Seksis
12/04/2017
5 Mitos Pernikahan Anak
21/04/2017

Kami sudah beberapa kali menulis tentang hubungan yang enggak sehat, entah hubungan yang penuh kekerasan psikis, fisik, maupun seksual. Kami rasa kamu juga sudah bisa mengira-ngira dampak buruk dari hubungan yang penuh kekerasan: mulai dari infeksi menular seksual, luka-luka, hingga trauma psikologis.

Tapi, apa sih manfaat dari hubungan yang sehat? Kenapa sih memiliki hubungan yang sehat itu perlu dan menyenangkan? Karena memang nggak semestinya berhubungan dengan orang lain malah hanya menambah masalah buatmu. Menurut berbagai ahli dan psikolog, ada beberapa manfaat dari hubungan yang sehat dan penuh cinta. Misalnya…

 

Ada yang memberi dukungan hidup.

 

Kamu tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa kamu lakukan atau tidak jago kamu lakukan dan pasanganmu bisa membantumu mengisi kekosongan tersebut. Mungkin dia pendengar yang baik, mungkin dia pemberi saran yang baik, atau mungkin dia motivator yang jagoan. Apa pun itu, dukungan darinya akan membantumu melalui kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, dukungan darimu akan membantunya juga.

 

Kamu menjadi orang yang lebih baik.

 

Dalam hubungan yang enggak sehat, akan ada satu pihak yang diinjak dan tidak dibiarkan berkembang. Mungkin salah satu pihak melarang pasangannya untuk menempuh pendidikan terlalu tinggi karena dia sendiri minder kalau pasangannya lebih pintar darinya. Mungkin ada salah satu pihak yang enggak mau pasangannya pulang terlalu malam, walau pasangannya itu pulang malam karena dia sedang kursus atau ikut kegiatan ekstrakurikuler.

Tapi, pasangan yang baik bakal mendukungmu untuk mencapai cita-cita. Dia bakal memotivasimu, memberimu inspirasi, dan mendukungmu ketika kamu sedang putus asa. Dia bakal mendorongmu untuk menjadi orang yang lebih baik dan berkembang sebagaimana semestinya.

Baca:  5 Pertanyaan Nyebelin yang Sering Dihadapi Jomblo

 

Kamu belajar untuk peduli pada orang lain.

 

Dalam hubungan yang sehat, kamu akan belajar untuk berempati dan menerima pasanganmu apa adanya. Kamu akan membiasakan dirimu untuk memahami perasaan dan sudut pandang pasangamu. Kamu akan belajar untuk berargumen dan bertengkar secara sehat dan waras. Kamu juga akan belajar untuk peduli pada orang selain dirimu sendiri dan menerima kekurangan mereka tanpa menghakimi.

Kabar baiknya, pasanganmu akan belajar untuk menerimamu juga!

 

Mengurangi stres.

 

Dukungan yang kamu terima dari pasanganmu akan membuatmu merasa kamu tidak perlu memikul semua beban hidupmu sendirian. Semuanya terasa lebih ringan karena ada yang membantu kamu untuk melalui kehidupan sehari-hari. Kamu punya teman bertukar pikiran yang seru dan teman curhat yang pengertian. Pasanganmu juga akan merasakan hal yang sama.

 

Badanmu lebih sehat.

 

Ini beneran, lho. Pertama, berkurangnya stres bisa membuat fungsi jantungmu lebih baik dan membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat. Kedua, dukungan pasangan juga bisa mempengaruhi gaya hidup seseorang. Memiliki pasangan yang peduli pada kesehatanmu dan mengingatkanmu untuk olahraga, untuk menjaga makanan, dan istirahat yang cukup bakal membantu kesehatanmu di jangka panjang. Adanya dukungan positif seperti ini ternyata penting banget, lho.

 

Punya hubungan yang sehat enggak perlu jadi mimpi. Enggak ada manusia yang sempurna, tapi pelan-pelan, kamu dan pasanganmu bisa belajar untuk saling menghargai dan jadi pasangan yang lebih baik buat satu sama lain.

 

 

Sumber:
blogs.webmd.com/art-of-relationships/2013/05/8-benefits-of-happy-relationships.html
blogs.psychcentral.com/relationships/2010/12/the-top-ten-benefits-of-knowing-how-to-maintain-a-healthy-couple-relationship/
blog.adventisthealthcare.com/2013/02/12/the-health-benefits-of-healthy-relationships/

Artikel Terkait

Komentar

komentar