Apa itu Mimpi Basah ? - SobatASK

Apa itu Mimpi Basah ?

5 Tips Kalau Pasanganmu Pernah jadi Pelaku KDP
02/04/2018
Cara untuk Membuat Internet Jadi Ruang Aman untuk Anak Muda
13/08/2018

Apakah kamu pernah bangun dan menemukan bahwa kamu baru saja mengompol? Tapi, kok rasanya beda, ya? Jangan-jangan, kamu bukan ngompol. Tapi, kamu mimpi basah!

Mimpi basah adalah proses alami yang dilalui seorang laki-laki ketika dia beranjak dewasa alias puber. Kalau seorang perempuan mengalami menstruasi, biasanya laki-laki mengalami mimpi basah. Tapi, sebenarnya apa itu mimpi basah?

 

Apa itu Mimpi Basah ?

Saat seorang laki-laki sudah beranjak dewasa, dan mulai puber, alat kelaminnya juga berkembang. Mulai dari saat kamu puber, alat kelaminmu akan menghasilkan sperma, yang dikeluarkan melalui penis. Proses keluarnya sperma dari penis ini disebut ejakulasi.

Omong-omong, sperma inilah yang nantinya bisa bertemu dengan sel telur di organ reproduksi perempuan, dan berujung pada kehamilan.

Nah, saat kamu mimpi basah, artinya kamu mengalami ejakulasi ketika tidur, dan ejakulasi itu terjadi tanpa disengaja. Selamat, kamu sudah puber!

 

Kenapa sih Mimpi Basah Bisa Terjadi?

Jawabannya? Testosteron.

Ketika kamu puber, tubuhmu akan mulai memproduksi hormon bernama testosteron. Hormon inilah yang membuat kamu tumbuh lebih tinggi, membuat bulu pubis dan bulu ketiak, dan segudang kegunaan lainnya. Salah satunya, testosteron membuat tubuhmu mulai memproduksi sperma. Kamu juga mulai merasa terangsang dan mulai memiliki dorongan seksual.

Nah, berhubung alat kelaminmu terus memproduksi sperma, semua sperma ini bakal menumpuk di tubuhmu. Salah satu cara tubuhmu ‘mengeluarkan’ sperma ini adalah melalui mimpi basah.

 

Harusnya Sering atau Jarang Mimpi Basah?

Berhubung mimpi basah itu reaksi alamiah dari tubuh, kamu tidak bisa ‘mengendalikan’ seberapa sering kamu mimpi basah. Tapi, jangan khawatir – mimpi basah itu alami, tidak mengancam kesehatan, dan tidak masalah kok.

Baca:  9 Tips Berantem Secara Waras

Beberapa orang mimpi basah seminggu sekali. Ada yang setiap tiga hari. Ada yang sebulan sekali. Jangka waktunya berbeda-beda, tergantung setiap orang.

 

Siapa Saja yang Bisa Mimpi Basah?

Pada dasarnya, semua laki-laki yang puber bisa mimpi basah. Tapi, tahukah kamu kalau perempuan juga bisa mimpi basah?

Tentu saja, cara mimpi basahnya berbeda. Jika laki-laki mengalami ejakulasi, perempuan juga bisa terangsang dan mengalami orgasme dalam mimpi. Dan sama seperti laki-laki, hal ini di luar kendali mereka.

Tapi, biasanya mimpi basah lebih jarang terjadi pada perempuan.

 

Kalau Aku Enggak Mimpi Basah, Bagaimana?

Ya enggak masalah. Tidak semua remaja laki-laki harus mimpi basah dulu baru puber, kok. Mimpi basah itu umum, tapi bukan berarti semua orang wajib mimpi basah.

 

Kalau Aku Mimpi Basah, Harus Ngapain?

Bersih-bersih, dong.

Lho, serius. Kalau kamu bangun dengan celana berantakan gara-gara mimpi basah, segera mandi. Atau setidaknya, bersihkan alat kelaminmu dengan sabun dan air, terutama jika kamu tidak disunat.

Biasakan untuk membersihkan alat kelamin secara rutin – banyak penyakit kelamin menular bisa dihindari hanya dengan menjaga kebersihan, lho.

Kalau kamu merasa bersalah atau tidak nyaman dengan mimpi basah kamu, jangan khawatir. Ajak ngobrol orang tua atau kakakmu. Atau, ngobrol dengan kakak konselor yang bisa bantu menjawab segudang pertanyaan kamu. Cari konselor yang paling dekat denganmu di Direktori Layanan kami deh. ☺

Selamat puber!

 

 

Sumber
teens.webmd.com/boys/wet-dream-faq
lovematters.in/en/news/wet-dreams-top-five-facts
hormone.org/hormones-and-health/what-do-hormones-do/testosterone

Artikel Terkait

Komentar

komentar