Cara untuk Membuat Internet Jadi Ruang Aman untuk Anak Muda - SobatASK

Cara untuk Membuat Internet Jadi Ruang Aman untuk Anak Muda

Apa itu Mimpi Basah ?
15/05/2018
3 Tanda Kalau Kamu Homofobik !
13/08/2018

Siapa sih yang enggak tau Bowo Alpenliebe? “Artis” Tik-Tok terkenal yang mengalami cyberbullying? Banyak orang menghakimi Bowo yang mengadakan meet and greet berbayar dan mengatakan bahwa Bowo alay. Terlepaskan dari kasus cyberbullying Bowo, sebenarnya kondisi online space bagi anak muda di Indonesia sudah sangat parah.

Data dari UNICEF pada tahun 2016 menyatakan bahwa 41 hingga 50 persen remaja di Indonesia mengalami cyberbullying. Cyberbullying yang terjadi adalah dalam bentuk doxing (mempublikasikan data personal), cyber stalking (penguntitan di dari internet yang berlanjut ke dunia nyata), revenge porn (penyebaran foto atau video untuk balas dendam atau pemerasan), dll. Nah, pertanyaannya adalah, di zaman now seperti ini, apakah memungkinkan dapat terciptanya safe space di internet tanpa risiko cyberbully?

Tidak mungkin. Sayangnya, penelitian menyatakan bahwa tidak ada safe space di dunia online. Namun hal ini bukan berarti menghentikan kita untuk menggunakan internet secara keseluruhan. Kita tetap bisa menciptakan safe space untuk diri kita sendiri dalam bersikap di dunia online. Sehubungan dengan International Youth Day pada tanggal 12 Agustus 2018 yang bertemakan safe space bagi remaja, maka berikut ini adalah 4 cara (disingkat KNOW) untuk menciptakan safe space di internet bagi diri kita sendiri!

 

 

 

 

  • Know

 

Kita harus mengetahui dan menyadari bahwa tidak semua orang menggunakan identitas mereka yang sesungguhnya di internet. Ada kasus yang terjadi pada seorang perempuan yang berkenalan dengan remaja laki-laki berumur 16 tahun lewat internet. Eh, tau-tau waktu bertemu di dunia nyata, dia adalah om-om berumur lebih dari 40 tahun! Serem, kan? Oleh karena itu, jangan langsung percaya dengan siapapun lewat internet.

 

  • Never

 

Baca:  7 Tips untuk Move on dari Mantan Pacar yang Penuh Kekerasan

Jangan pernah membagikan nomor telepon pribadi, nama sekolahmu, bahkan alamat pribadi pada orang yang kamu kenal lewat internet. Karena siapa tau orang tersebut jahat dan menggunakan data personalmu untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  • Own

 

Milikilah hidupmu sendiri. Maksudnya adalah, hidupmu tidak harus menjadi buku terbuka yang dapat dilihat oleh semua orang. Berpikirlah panjang sebelum memutuskan untuk posting sesuatu lewat internet. Karena begitu hal tersebut tersebar di internet, tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk menarik hal itu kembali. Saat kamu posting sesuatu di internet, artinya kamu setuju hal itu diketahui oleh semua orang dan dapat digunakan orang lain untuk kepentingan mereka sendiri.

 

  • Watch

 

Saling lihat antar satu sama lain. Salinglah menjaga satu sama lain. Temukanlah teman di dunia online maupun dunia nyata yang dapat kamu percayai untuk mendukung sama lain dalam menghadapi semua risiko yang dapat terjadi lewat internet.

 

Demikian adalah 4 cara yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan safe space pribadi di internet! Cara mengingatnya mudah kok, bisa disingkat menjadi KNOW, atau dengan kata lain adalah Know, Never, Own, dan Watch. Mari kita bersama mengurangi angka cyberbullying dengan cara membuat safe space untuk diri kita masing-masing!

 

Sumber:

https://kumparan.com/@kumparanstyle/41-persen-remaja-indonesia-pernah-alami-cyberbullying

http://safespace.qa/en/Article/how-prevent-cyber-bullying

 

Artikel Terkait

Komentar

komentar