Apa Itu Afrodisiak? - SobatASK

Apa Itu Afrodisiak?

3 Gangguan Mental LGBT
08/10/2018
Pentingnya Kesehatan Seksual dan Reproduksi
22/10/2018

Pernah dengar istilah afrodisiak? Kalaupun belum mungkin buat kamu yang tinggal di kota besar (bahkan kota kecil sekalipun), kemungkinan pernah melihat pemandangan seperti ini.

Banyak sekali kios-kios yang menjual obat-obatan untuk menambah stamina dan meningkatkan gairah seksual.

Sebetulnya ini bukan hal yang baru. Dari jaman dulu sudah ada banyak sekali makanan yang dianggap sebagai afrodisiak.

Afrodisiak

Nah, afrodisiak adalah makanan, minuman, obat atau bahkan wewangian yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Berasal dari Aphrodite, dewi Yunani yang melambangkan seksualitas dan kecantikan.  

Meskipun tidak semuanya terbukti secara klinis/medis memberikan manfaat tersebut.

Seperti salah satunya adalah cula badak. Padahal kandungan yang terdapat dalam cula badak adalah keratin, protein yang ada dalam rambut dan kuku, tapi karena permintaannya tinggi sehingga menjadi salah satu penyebab kepunahan badak di bumi. Kan sedih ya.

Afrodisiak menjadi perdebatan apakah fakta atau mitos belaka. Namun dari berbagai penelitian, ditemukan banyak makanan yang memang dapat meningkatkan gairah seksual atau libido.

Sebentulnya makanan afrodisiak itu apa aja sih?

1. Tiram

https://www.homenaturalcures.com

Kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu juga mengandung omega-3 yang tinggi sehingga dapat meningkatkan fungsi sistem syaraf.

2. Pisang

Berkat kandungan potasium dan vitamin B yang tinggi yang dibutuhkan dalam produksi hormon sex, menjadikan pisang salah satu afrodisiak. Jadi bukan karena bentuknya seperti penis ya.

3. Apel

Apel mengandung phytoestrogen, yaitu suatu senyawa yang bersifat meniru hormon estrogen dalam tubuh manusia.

4. Pepaya

https://rampages.us/

Pepaya memiliki memiliki kandungan yang berperan sebagai hormon estrogen yang ada dalam tubuh perempuan. Makanya banyak digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional untuk meningkatkan menstruasi, produksi ASI, memperlancar proses melahirkan dan meningkatkan libido perempuan.

5. Cokelat

Cokelat memang terkenal sebagai afrodisiak. Coklat terdapat komponen phenylethylamine dan serotonin, bahan kimia yang dapat menyebabkan seseorang merasa lebih bahagia. Namun penelitian lain menyebutkan bahwa hal tersebut tidak berarti meningkatkan libido.

Hingga saat ini masih menjadi perdebatan mengenai makanan afrodisiak, jadi masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Dan beberapa makanan dianggap menjadi afrodisiak karena bentuknya yang menyerupai organ tubuh manusia, seperti pisang dan kerang.

Tapi sebetulnya yang paling penting adalah kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jangan kebanyakan jajan makanan “micin”. 😜

Karena dengan kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan stamina tubuh kita secara keseluruhan. Jadi kita punya banyak energi dan bisa beraktivitas secara optimal. Masuk akal kan?

Kalau kamu masih punya pertanyaan tentang kesehatan seksual dan reproduksi, Kami menyediakan jasa konselilng online. Atau kamu bisa belajar sendiri di Ruang Belajar. Sehat selalu!

 

Baca:  Review Sobat ASK

Sumber:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/redefining-stress/200903/the-aphrodisiac-foods-and-libido

https://www.scientificamerican.com/article/the-hard-truth-about-the-rhino-horn-aphrodisiac-market/

https://www.livescience.com/13633-natural-aphrodisiacs-work-ginseng-viagra.html

https://www.webmd.com/sex-relationships/features/want-better-sex#1

 

Komentar

komentar