3 Situs Untuk Jadi Relawan - SobatASK

3 Situs Untuk Jadi Relawan

Pentingnya Kesehatan Seksual dan Reproduksi
22/10/2018

Sempat menghilang dari jagat Instagram, Awkarin terlihat sibuk menjadi relawan di Palu tanggal 16-18 Oktober 2018 kemarin. Orang-orang pun banyak yang salut dengan tindakan Awkarin tersebut. Namun sebenarnya, masih banyak pendapat netizen yang tidak seberapa setuju dengan menjadi relawan.

View this post on Instagram

Tak henti-hentinya Al menangis, sebab menahan rasa sakit di kakinya yang menganga akibat terkena reruntuhan ketika gempa mengguncang dengan dahsyatnya. . Namun seketika tangisan tersebut berhenti.. terlihat @awkarin tengah membujuk Al dengan tutur kata dan caranya sendiri, yang akhirnya membuat Al tenang. . @awkarin hanyalah satu dari sekian banyak potret publik figur muda yang masih menaruh rasa peduli untuk sesama. Segala aksi kemanusiaan dan manfaat yang ditimbulkan melampaui dari sekedar kabar viral, yang jelas media sosial punya peran penting untuk memantik bergeraknya semangat kemanusiaan. Siapa sangka bahwa aksi kebaikan dapat diawali dari sebuah postingan? . Tonton perjuangan Awkarin menjadi relawan di Palu dalam video terbaru Sekolahrelawan yang akan rilis hari ini (Senin, 22/10) Pukul 19.00 WIB. Supaya gak ketinggalan, subscribe dulu YouTube Sekolahrelawan, klik: youtube.com/c/sekolahrelawan. . Yuk kita beri apresiasi kepada @awkarin dengan cara ketik : "respect @awkarin 😎 " di kolom komentar! . . #Volunteer #SultengBangkit #StayStrongSulteng #awkarin

A post shared by Sekolah Relawan (@sekolahrelawan) on

“Buat apa sih kita jadi relawan? Sudah capek-capek bekerja, tidak dibayar, dan tidak dapat apa-apa lagi!”

Eitss, siapa bilang? Jadi relawan itu banyak manfaatnya, loh! Meskpun bukan manfaat secara materi atau finansial yaa.

Pertama, menjadi relawan dapat membuatmu lebih mengenal banyak orang. Dengan menjadi relawan, kamu tidak hanya membantu orang lain, namun kamu juga memperluas jaringanmu dan melatih kemampuan sosialmu.

Kedua, menjadi relawan itu bagus untuk untuk fisik dan mentalmu:

  • Secara fisik, kamu akan lebih terlatih karena aktif di lapangan saat membantu orang lain.
  • Secara mental, menjadi relawan terbukti mengurangi stress, depresi, kecemasan, dan menaikkan kepercayaan diri.

Terakhir, menjadi relawan membawa kesenangan dan makna dalam hidupmu. Menjadi relawan dapat membantumu mencari tau isu apa yang sebenarnya menarik untukmu, dan membantu mencari tau pula passion-mu yang sesungguhnya. Oleh karena itu, karena banyak manfaat relawan untuk dirimu, tunggu apa lagi? Yuk, daftar jadi relawan! Berikut ini adalah 3 situs yang dapat kamu akses untuk menjadi relawan.

1. Indorelawan

Indorelawan merupakan organisasi yang membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah. Jadi, Indorelawan tidak membuat aktivitas untuk menyelesaikan masalah sosial, namun Indorelawan menampung orang-orang yang ingin menjadi relawan untuk menghubungkan mereka dengan beragam komunitas inspirasional yang membutuhkan tenaga kerja lebih.

Jadi dengan situs Indorelawan, kamu bisa mencari isu dan aktivitas yang benar-benar kamu pedulikan dan mendaftar di sana! Yuk, kunjungi Indorelawan di https://indorelawan.org/

 

2. World Wildlife Fund (WWF)

WWF merupakan organisasi internasional yang bekerja untuk menyelamatkan spesies langka dan mengurangi dampak manusia pada lingkungan. Bagi kalian yang tertarik dalam isu ini, bisa mendaftar menjadi relawan di WWF selama 3-6 bulan. Tujuan dari program relawan WWF ini adalah untuk memberi pengalaman besar dan langsung menghadapi tantangan unik bagaimana Indonesia menjaga lingkungan dan asetnya.

Apabila kalian tertarik, bisa mendaftar langsung lewat situs WWF, klik saja link https://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/volunteer/!

 

3. HelpNona

HelpNona merupakan inisiatif sosial yang bergerak di isu kekerasan dan relasi personal. Saat ini, HelpNona sedang berfokus untuk menyediakan safe space untuk mendiskusikan dating violence melalui ranah online maupun offline.

Apabila tertarik dengan isu ini, kamu bisa mendaftar menjadi relawan di HelpNona. Ada berbagai macam jenis relawan yang ditawarkan di HelpNona. Tertarik? Yuk kunjungi saja situsnya di  http://www.helpnona.com/menjadi-volunteer-di-helpnona.html.

 

Tiga situs tersebut dapat kamu gunakan untuk jadi relawan. Carilah isu yang sesuai dengan hatimu dan yang kamu pedulikan, maka kamu dapat menjalani proses menjadi relawan dengan sepenuh hati.

Apabila kamu membutuhkan konseling, terutama mengenai isu kesehatan reproduksi dan seksualitas, SobatASK menyediakan fitur Konseling Online yang dapat kamu akses dengan gratis. Silakan kunjungi laman Konseling Online milik SobatASK!

 

Sumber:

http://www.tribunnews.com/seleb/2018/10/28/bencana-di-palu-jadi-debut-awkarin-sebagai-relawan

https://www.helpguide.org/articles/healthy-living/volunteering-and-its-surprising-benefits.htm

Komentar

komentar

Baca:  6 Mitos soal Feminisme