Punya Resolusi di Tahun Baru itu Penting! - SobatASK

Punya Resolusi di Tahun Baru itu Penting!

Cara Melatih Berpikir Positif
21/12/2018
Manfaat Alam Bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia
08/01/2019

Sebentar lagi, tahun baru akan tiba! Tahun baru biasanya identik dengan perayaan bersama keluarga, bermain kembang api, dan tentunya resolusi. Banyak orang yang sudah meremehkan resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru dianggap tradisi kuno yang nantinya juga dilupakan dan tidak dilakukan sepenuh hati.

Secara statistik, hanya 9,2% orang yang akhirnya dapat mewujudkan resolusi tahun baru mereka. Hal ini terjadi karena rendahnya pertahanan motivasi untuk mewujudkan resolusi tersebut. Kalau orang-orang memperlakukan cita-cita hidup mereka seperti mereka memperlakukan resolusi tahun baru, maka mereka akan sulit untuk berkembang ke depannya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk punya resolusi di tahun baru. Berikut alasannya!

1. Resolusi adalah bahasa dari otak

Salah satu dari bagian otak yang sangat penting adalah fungsi eksekusi, yaitu sekelompok kemampuan kognitif otak yang membuatmu mampu meraih tujuan. Fungsi kognitif inilah yang membedakan kita dari makhluk lainnya.

Di saat hewan melakukan suatu tindakan berdasarkan insting, manusia melakukan tindakan berdasarkan rencana. Rencana sangat penting untuk menstimulasi otak kita meraih sesuatu. Salah satu bentuk dari rencana adalah resolusi tahun baru, maka resolusi tahun baru sangatlah penting!

2. Resolusi berarti ada kejelasan

Dengan adanya sebuah resolusi, maka tujuan utama yang akan diraih menjadi jelas. Kamu jadi tahu arah dan visi apa yang akan kamu kejar ke depannya. Dengan adanya tujuan, maka kamu dapat secara runtut menyiapkan cara-cara konkret untuk meraih tujuan tersebut. Tanpa adanya tujuan yang jelas, seseorang akan kebingungan dan tidak memiliki tujuan mendasar atas segala sesuatu yang ia lakukan dalam hidup.

3. Resolusi membuatmu bahagia

Hal ini telah terbukti secara sains. Resolusi membuat seseorang menjadi lebih bahagia! Neurologis menyatakan bahwa reaksi dasar utama emosi manusia adalah kebahagiaan melalui pencapaian. Dengan cara aktif mencapai tujuan, dapat menstimulasi otak dan mengeluarkan kenikmatan serta kebahagiaan tertentu. Manusia mendapatkan kenikmatan dalam proses meraih tujuan daripada berhasil meraih tujuan itu sendiri. Maka, dengan  berusaha meraih resolusi tersebut, akan membuatmu lebih bahagia dari sebelumnya.

Baca:  Ini Resolusiku, Mana Resolusimu?

4. Resolusi membuat relasi dengan sesama menjadi baik

Dengan memiliki sebuah resolusi, maka kamu dapat berkumpul dengan orang lain yang memiliki resolusi sama dengan dirimu. Nantinya, kamu dapat bertemu dengan lebih banyak orang, saling berbagi, dan mendukung satu sama lain untuk meraih resolusi tersebut. Siapa sangka, kamu dapat menemukan komunitas baru hanya dari kesamaan resolusi.

5. Punya resolusi berarti membuat progres

Manusia meraih segala sesuatu di dalam hidup berdasarkan tujuan. Tujuanlah yang membuat terjadinya perkembangan di berbagai bidang kehidupan, seperti obat-obatan, riset, medis, teknologi, dll. Tanpa adanya tujuan, maka manusia tidak akan melakukan progres apapun. Inilah pentingnya memiliki sebuah resolusi tahun baru.

 

Demikianlah 5 alasan kenapa remaja membutuhkan resolusi tahun baru! Dalam hidup, tentunya kamu akan membutuhkan tujuan agar hidupmu lebih terarah, lebih teratur, dan memiliki visi yang jelas. Oleh karena itu, yuk kita lebih serius lagi dalam membuat dan melaksanakan resolusi tahun baru!

Apabila kamu memiliki masalah dalam bidang kesehatan reproduksi dan seksualitas, kamu dapat mengunjungi laman Konseling Online milik SobatASK. Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu dapat konseling secara gratis dan dilayani dengan ramah! Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan fitur Konseling Online milik SobatASK!

 

Sumber:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/smashing-the-brainblocks/201512/8-reasons-we-really-do-need-make-resolutions

https://www.inc.com/michael-schneider/the-top-10-new-years-resolutions-why-only-9-percent-achieve-them.html

 

Komentar

komentar