Manfaat Alam Bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia - SobatASK

Manfaat Alam Bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

Punya Resolusi di Tahun Baru itu Penting!
31/12/2018
Ketahui Motif Human Trafficking Lewat Film
15/01/2019

Sering kali kita dengar lingkungan hidup banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Tapi kita masih mempertanyakan hal tersebut. Sebenarnya itu mitos atau fakta, sih? Jawabannya adalah fakta!

Alam terbuka sebagai bagian dari lingkungan hidup, memang sangat baik bagi kesehatan fisik, kognitif, dan mentalmu. Hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang mendukung. Akan tetapi, di zaman serba modern ini, kita lebih memilih menghabiskan waktu luang untuk jalan-jalan di mall, ngafe, atau nonton bioskop. Padahal sebenarnya, kembali ke alam memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatanmu.

Penasaran? Berikut ini adalah 3 manfaat alam terbuka bagi kesehatan manusia!

1. Mengurangi stress

Ada sebuah penelitian yang diikuti oleh 280 partisipan di Jepang. Setengah partisipan dikirim ke hutan dan setengahnya lagi ke kota. Hari berikutnya, yang sudah ke kota kemudian dikirim ke hutan dan sebaliknya. Hasilnya menyatakan bahwa yang pergi ke hutan memiliki konsentrasi lebih rendah pada kortisol, denyut nadi lebih rendah dan tekanan darah lebih rendah pula. Dalam kata lain, partisipan yang menghabiskan waktu di hutan lebih sedikit mengalami stress daripada yang menghabiskan waktu di kota. Kamu juga dapat menerapkan ini untuk dirimu sendiri! Apabila kamu merasa stress, kamu bisa pergi ke alam terbuka dan mood-mu akan membaik dari sebelumnya.

2. Menguatkan sistem imun dan otot

Selain berdampak baik pada mental, alam tentunya berdampak baik pada kesehatan fisikmu. Phytoncides adalah minyak esensial kayu yang diproduksi oleh tanaman, berguna untuk melindungi diri sendiri dari serangga dan pembusukan. Manusia yang terekspos phytoncides akan memiliki sistem imun yang lebih kuat. Jika menghirup phytoncides, maka meningkatkan sel darah putih di dalam tubuhmu, yang kemudian berguna untuk membunuh tumor dan sel yang terinfeksi. Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Berjalan di alam akan secara tidak langsung membuatmu berolahraga dan membentuk otot, selain itu juga dapat meningkatkan sistem imunmu!

Baca:  10 Mitos soal Seks yang Harus Kamu Tahu

3. Membuat otak lebih kreatif dan tajam

Sekarang, kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget dan berkutat di dunia maya. Saat kamu bosan, yang dicari pertama untuk penghiburan adalah sosial media. Iya, kan? Padahal sebenarnya, kamu bisa jalan santai ke alam apabila kamu bosan. Penelitian menunjukan bahwa berjalan di alam dapat meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan kemampuan menyelesaikan masalah sebanyak 50%. Alam dapat meningkatkan kemampuan otak dan menstimulasi imajinasi kita. Daripada berkutat di sosial media masing-masing, yuk jalan ke alam!

Demikianlah 3 manfaat lingkungan alam bagi manusia! Banyak sekali manfaat yang disajikan alam, baik dalam bentuk fisik, mental, dan kognitif manusia. Daripada kamu menghabiskan waktu bermain gadget, mari tinggalkan sejenak dan pergi ke
alam. Kamu akan kaget dengan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan!

Oh ya, apabila kamu memiliki masalah, terutama dalam bidang kesehatan mental dan reproduksi, yuk kunjungi laman Konseling Online milik SobatASK. Kamu akan dilayani dengan ramah dan pelayanannya pun gratis tanpa dipungut biaya apapun!

Sumber:
ianbanyard.com

Artikel Terkait

Komentar

komentar