Siapa Sobat ASK - SobatASK

Siapa Sobat ASK

[vc_row row_style=”bg-color” custombgcolor=”#fbfbfb” image_repeat=”no-repeat”][vc_column width=”1/4″][vc_single_image image=”2165″ css_animation=”left-to-right” img_link_target=”_self” img_size=”full” border_color=”grey”][/vc_column][vc_column width=”3/4″][vc_column_text animation=”no_animation”]Sobat ASK adalah tempat bersama bagi remaja yang peduli terhadap kesehatan reproduksi dan seksualitas. Sobat ASK percaya bahwa remaja memiliki kebutuhan tersendiri yang membedakannya dengan anak dan dewasa. Yang tak kalah penting, remaja adalah kelompok yang sangat heterogen; seperti remaja di komunitas, difabel, ODHA, ragam seksualitas, remaja jalanan, remaja lapas, remaja pesantren, hingga ibu muda. Sobat ASK berusaha untuk memenuhi kebutuhan remaja akan kesehatan reproduksi dan seksualitas melalui tiga cara: Akses, Servis, dan Ketahui![/vc_column_text][vc_row_inner][vc_column_inner width=”1/3″][vc_column_text animation=”no_animation”]akses[/vc_column_text][vc_column_text animation=”no_animation”]Akses: meningkatkan akses informasi kesehatan reproduksi dan seksualitas bagi remaja yang komprehensif, terpercaya, dan tidak menghakimi.

[/vc_column_text][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/3″][vc_column_text animation=”no_animation”]servis[/vc_column_text][vc_column_text animation=”no_animation”]Servis: meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan kualitas layanan kesehatan seksual dan reproduksi untuk remaja.[/vc_column_text][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/3″][vc_column_text animation=”no_animation”]ketahui[/vc_column_text][vc_column_text animation=”no_animation”]Ketahui: meningkatkan pengetahuan remaja akan hak kesehatan reproduksi dan seksualitas dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan ramah bagi remaja.[/vc_column_text][/vc_column_inner][/vc_row_inner][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text animation=”no_animation”]Sobat ASK dijalankan atas kerjasama berbagai organisasi yang tergabung dalam Aliansi Satu Visi, terdiri dari RutgersWPF Indonesia, PKBI Pusat, PKBI Daerah Yogyakarya, PKBI Daerah Jawa Timur, PKBI Daerah Jakarta, Yayasan Pelita Ilmu, CD Bethesda, Aliansi Remaja Indonesia, dan Kementerian Sosial.[/vc_column_text][vc_column_text animation=”no_animation”]
Aliansi Remaja Independen

ariAliansi Remaja Independen (ARI) adalah organisasi anak muda yang bergerak dalam bidang Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR), pendidikan, dan ketenagakerjaan remaja. Selain di lingkup nasional, ARI juga terdapat di lingkup daerah,: yaitu Kupang, Mataram, Makassar, dan Pati. ARI bekerja sama dengan sejumlah organisasi anak muda, pemerintah daerah setempat, para anggota parlemen, CSO, LSM, Badan PBB, dan Kementerian-Kementerian Indonesia. Untuk memperkuat posisinya sebagai gerakan youth-led terkemuka di indonesia, aliansi ini mencari individu yang berkomitmen untuk dilatih sebagai advokat muda dan pemimpin-pemimpin muda. Nilai-nilai ARI adalah selalu terbuka untuk anak muda dalam setiap tingkat pendidikan dan yang tinggal di daerah pedesaan atau daerah perkotaan. ARI sangat fokus pada keikusertaaan anak-anak muda yang termarginalkan dan orang-orang di dalam komunitasnya.

Website: http://aliansiremajaindependen.org/

ARI

 

CD Bethesda

bethesdaCD Bethesda atau nama resminya adalah UPKM/CD RS Bethesda, adalah lembaga nonprofit yang peduli dengan pelayanan kesehatan dan membantu masyarakan terpencil, khusunya di pedesaan. Secara struktur organisasi, CD Bethesda adalah salah satu unit mandiri dari RS Bethesda dan berada di bawah koordinasi YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) sebagai salah satu yayasan pelayanan kesehatan terbesar di Indonesia. CD Bethesda berdiri pada tahun 1974, di mana berdirinya lembaga ini dideklarasikan pada Rapat Rencana Kerja Yakkum setelah ditetapkan bahwa masing-masing unit Yakkum harus menyebarkan pelayanan mereka lebih komprehensif melalui usaha pengembangan kesehatan, untuk melayani masyarakat yang tidak dapat mengakses pelayanan kesehatan sebelumnya.

Website: http://www.cdbethesda.org/

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

 

Institut Hak Asasi Perempuan

hamX4r8XInstitut Hak Asasi Perempuan (IHAP) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum dan bekerja untuk mendorong penegakan Hak Asasi Manusia, khususnya Hak Asasi Perempuan di Indonesia. IHAP didirikan dalam bentuk perkumpulan di Yogyakarta pada tanggal 8 Maret 2004 melalui diskusi panjang tentang situasi Hak Asasi Perempuan di berbagai daerah dan tingkat nasional.

Website: http://ihap.or.id/

 

 

 

 

 

 

Kementerian Sosial

kemensosKementerian Sosial (Kemensos) adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan dan membidangi urusan dalam negeri di dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di bidang sosial. Kemensos memiliki sejumlah kebijakan sebagai berikut: meningkatkan jangkauan dan pemerataan sosial, meningkatkan profesionalisme pelayanan sosial serta peran aktif sosial masyarakat dalam pelayanan sosial, memantapkan manajemen pelayanan sosial, dan mendukung terlaksananya kebijakan desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan umum dan pembangunan.

Website: http://www.kemsos.go.id/

 FPKRI

 

Yayasan Pelita Ilmu

ypiYayasan Pelita Ilmu (YPI) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan. Menjadi institusi terkemuka yang konsisten dan terpercaya dalam mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat secara mandiri dan berwawasan luas sehingga mampu hidup produktif dan berkualitas. Berupaya membentuk kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, melalui pendidikan dan layanan kesehatan yang menjunjung tinggi pemenuhan hak asasi manusia dengan nilai partisipasi, keadilan gender, kemitraan, dan akuntabilitas. 

Website: http://www.ypi.or.id

 

pkbi bali

PKBI

pkbiPerkumpulan Keluarga Berencana Indonesia merupakan LSM tertua yang memelopori gerakan Keluarga Berencana di Indonesia. Lahirnya PKBI dilatarbelakangi oleh keprihatinan para pendiri PKBI, yang terdiri dari sekelompok tokoh masyarakat dan ahli kesehatan, terhadap berbagai masalah kependudukan dan tingginya angka kematian ibu di Indonesia. Gagasan tentang keluarga berencana menghadapi tantangan yang sangat besar di era tahun 1950-an. Sebagian besar masyarakat cenderung melihat keluarga berencana sebagai upaya pembatasan kehamilan semata, suatu hal yang dianggap sebagai bentuk perampasan kemerdekaan yang baru saja mereka nikmati. 

PKBI JOGJA

Yang tergabung sebagai mitra Sobat ASK di antaranya:

  • PKBI Pusat
  • PKBI DKI
  • PKBI Yogya
  • PKBI Jawa Tengah
  • PKBI Jawa Timur
  • PKBI Bali

Website: http://pkbi.or.id/

PKBI JATIM

PKBI JATENG

 

RutgersWPF

rutgerswpfBerawal dari organisasi bernama World Population Foundation (WPF), WPF berupaya mendorong terwujudnya Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi di seluruh dunia. WPF memberikan dukungan untuk program yang dilaksanakan oleh organisasi lokal di negara berkembang yang memberdayakan individu untuk membuat keputusan sendiri tentang seksualitas dan reproduksi. WPF sangat percaya bahwa kemampuan untuk keluar dari lingkaran kemiskinan dimulai dengan kebebasan memilih. WPF didirikan pada tahun 1987 di Belanda dan saat ini memiliki tiga kantor di Pakistan, Vietnam, dan Indonesia. Kantor Indonesia dibuka pada tahun 2007 dengan nama WPF. Pada bulan Desember 2010, World Population Foundation and Rutgers Nisso Groep bergabung dan nama organisasi berubah menjadi RutgersWPF. Dengan penggabungan ini, organisasi yang kuat muncul dan yang bekerja baik secara nasional dan internasional di bidang pemenuhan hak dan kesehatan seksual dan reproduksi. 

Website: rutgerswpfindo.org[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]